by

Muatan Materi PJJ Terus Dievaluasi

Ambon, BKA- Mengingat proses pembelajaran jarak jauh masih tetap dilakukan hingga saat ini, maka para guru pun terus didorong untuk mengevaluasi muatan pembelajarannya yang diberikan kepada siswa, baik secara daring maupun Luring.

Hal itu dilakukan, agar siswa tetap semangat mengikuti Belajar Dari Rumah (BDR). Demikian ungkap Kepala SD Negeri 67 Ambon, D. Iwamoni, Minggu (29/11).
Menurutnya, muatan pembelajaran harus kreatif, agar dapat memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar di rumah, disamping para guru melakukan pendampingan belajar secara langsung kepada.

“Karena kalau materi pelajarannya tidak kreatif, pasti siswa akan jenuh. Sebab mereka sudah terbiasa belajar bersama dengan teman-teman di sekolah. Ini yang harus diperhatikan tahun ini,” kata Iwamony.

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, katanya, siswa sangat membutuhkan pola pembelajaran yang kreatif. “Karena itu, saya sudah sampaikan kepada para guru untuk membuat materi pembelajaran yang kreatif. Jangan hanya fokus pada inti dari mata pelajaran itu. Anak-anak ini butuh metode yang kreatif. Jadi, selain muatan pelajaran, harus ada tampilan gambar berupa komik, agar bisa menarik perhatian mereka untuk semangat belajar,” paparnya.

Hal tersebut, katanya, bukan untuk menjawab ketuntasan kurikulum. Melainkan untuk menjawab kebutuhan belajar mereka setiap hari di masa pandemi ini.

“Kita tidak kejar ketuntasan akademik. Yang kita butuhkan adalah mereka bisa tetap semangat untuk belajar di rumah. Karena itu, meteri pembelajaran akan didesain semenarik mungkin. Supaya tidak membuat mereka jenuh pada saat belajar nanti.”pungkas Iwamony
(LAM)

Comment