by

Munawir Siap Perjuangkan Utian Lima Jadi Kecamatan

Ambon, BKA- Ketua Fraksi Nasional Kebangkitan Rakyat Ita Wotu Nusa (NKRI) DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Munawir Kubal, siap melakukan komunikasi, koordinasi dan kalaborasi dengan wakil rakyat SBT lainya, untuk sama-sama memperjuangkan Utian Lima menjadi kecamatan. Lepas dari kecamatan induk, Kecamatan Werinama.

Menurut Munawir, Utian Lima sendiri memiliki lima negeri besar. Diantaranya Negeri Tum, Negeri Gusalaut, Negeri Osong, Negeri Tobo dan Negeri Batusa.

Kelima negeri itu masing-masing menaungi anak dusun, seprti, Kota Baru, Budi Muliyah, Fatakil, Waikudal dan Dak itu. “Dan itu masyarakatnya sudah mencai ribuan,” tutur Munawir, saat diwawancara Beritakota Ambon di Bula, Minggu (13/12).


Politisi Partai Nasdem SBT ini mengatakan, upaya akan pemekaran Utian Lima menjadi kecamatan merupakan kemauan dan kesepakatan masyarakat di wilayah itu, sesuai hasil reses yang dilakukannya beberapa waktu lalu.

Lanjut Munawir, memperjuangkan Utian Lima menjadi kecamatan merupakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai anggota DPRD SBT. “Apalagi saya dipilih oleh masyarakat dapil satu, yang dominannya Utian Lima, saya akan tetap perjuangkan sampai terwujud,” katanya.

Dalam rapat paripurna maupun pandangan akhir fraksi-fraksi, Munawir selalu menyampaikan percepatan pemekaran Utian Lima menjadi kecamatan.

Hanya saja, sikap belum mendapat respon positif dari Ketua dan Anggota DPRD SBT lainnya. Sehingga dia bertekad, 2021 mendatang, akan melakukan komunikasi dan koordinasi baik dengan semua pihak, demi percepatan pemekaran Utian Lima menjadi kecamatan.

Dari segi peraturan perundang-undangan untuk pemekaran kecamaan, Munawir mengungkapkan, akan bersandar pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah dan PP No. 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan. “Kita akan sesuaikan dengan ketentuan perundang-undangan,” pungkasnya. (BKA-2)

Comment