by

Murad: Cuti Kampanye Tidak Penting

Ambon, BKA- Gubernur Maluku, Murad Ismail, saat ini tengah memfokuskan diri pada penyusunan APBD 2021. Sehingga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku itu belum mau mengusulkan cuti untuk berkampanye, dalam rangka pemenangan pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diusung partainya pada Pilkada serentak di empat kabupaten di Maluku.

Mantan Dankakor Brimob ini bahkan mengaku, telah berkoordinasi dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, terkait hal tersebut.

“Saya sudah koordinasikan dengan Mendagri Tito Karnavian. Pak Mendagri bilang, tidak usah. Itu tidak penting,” terang Murad, usai peresmian KMP Bahtera Nusantara 02 di pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Selasa (3/11).

Dijelaskan, sesuai arahan Mendagri yang telah diterima, dirinya hanya ditugaskan untuk turun ke setiap kabupaten/kota, khususnya kabupaten yang menggelar Pilkada serentak 2020, seperti, di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Buru Selatan (Bursel), Kepulauan Aru, dan Maluku Barat Daya (MBD), guna memberikan pengarahan terhadap para bupati hingga ASN.

“Pak Mendagri juga bilang, saya jalankan saja tugas sebagai seorang gubernur, dengan cara turun langsung dan memberikan pengarahan kepada para tokoh-tokoh serta ASN, agar bisa netral di Pilkada,” jelasnya.

Murad juga memastikan, nantinya akan turun membantu para pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diusung oleh DPD PDI-Perjuangan Maluku. Yakni dengan berkampanye, tanpa harus melakukan cuti.

“Saya tetap turun, tapi tidak akan cuti. Kenapa bisa begitu, yah saya nanti manfaatkan waktu libur, seperti, hari Sabtu dan Minggu untuk berkampanye. Tapi untuk sekarang, belum. Saya belum pernah lakukan itu sekalipun,” katanya.

Dia menambahkan, saat ini dirinya belum terlalu fokus terhadap proses kampanye di empat kabupaten tersebut. Sebab, dirinya masih fokus terhadap kunjungan-kunjungan ke kabupaten/kota.

Kunjungan tersebut itu dilakukan sekaligus meminta masukan dari para bupati, terkait rencana pembangunan untuk dimasukan dalam APBD 2021.

“Saya masih fokus untuk kunjungan-kunjungan ke kabupaten/kota untuk memberikan bantuan, serta mencari tahu apa saja kekurangan serta persoalan di setiap daerah,” ujar dia.

Dituturkan, kunjungan-kunjungan ke daerah yang gencar dilakukan dirinya beberapa waktu terakhir, bertujuan agar masyarakat bisa mengetahui apa saja tujuan gubernur dalam memajukan Maluku.

“Dengan begini, masyarakat bisa menilai kalau gubernurnya ini bagaimana. Dalam Kepala Gubernur ini, pikirannya apa? Itu kan lebih baik dan lebih penting, dibandingkan saya harus cuti kampanye,” pungkasnya. (UPE)

Comment