by

Musdes Batu Merah Terkendala Masa Jabatan Pejabat

Ambon, BKA- Musyawarah Desa(musdes) Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau, terkendala dilaksanakan karena masa jabatan pejabat yang akan selesai pada september 2020. Selain masa jabatan pejabat, musdes tertunda juga akibat penetapan mata rumah saniri. Akibatnya waktu pelaksanaan musdes untuk perencanaan program di tahun 2021 belum juga dilakukan.

“Batu Merah ini tidak pernah terlambat melaksanakan musdes, cuma ada beberapa kendala sehingga molor waktu untuk musdes tahun 2021. Kendalanya yaitu saniri negeri yang masa jabatanya sudah selesai sejak bulan juli. Dan juga selesainya masa jabatan pejabat yang terhitung selesai menjabat pada bulan september ini. Dua hal ini memang menjadi kendala utama musdes belum juga dilaksanakan. Saniri dan pejabat merupakan elemen penting dalam musdes sehingga kami belum bisa melaksanakan musdes jika kondisinya seperti ini,” pungkas M Arlis Lisaholet sekertaris desa Batu Merah.

Musdes seharusnya sudah mulai direncanakan sejak bulan agustus dan paling terlambat yaitu bulan november. “Seharusnya perencanaan musdes itu sejak bulan agustus dan paling lambat bulan november. Ini saja sudah bulan oktober dan belum ada pelaksanaan musdes. Bahkan musrembang tingkat RT juga belum dilaksanakan,” tambah Lisaholet.

Lisaholet berharap PemKot bisa dengan segera mengambil kebijakan terkait pejabat. Jika ingin memperpanjang atau pun mengganti masa jabatan pejabat desa Batu Merah. Ia juga berharap agar bisa pembentukan mata rumah saniri itu dibentuk.

“Kami berharap Pemerintah Kota (PemKot) dalam hal ini bagian pemerintahan desa dapat segera mempercepat penetapan mata rumah saniri. Mengenai pejabat kami juga ingin segera diambil tindakan. Jika ingin diperpanjang atau pun diganti dengan yang baru, kami harap bisa dilakukan dengan segera. Ini juga berdampak pada pemerintahan desa kedepannya,” tutupnya. (MG-1)

Comment