by

Musrenbang Teluk Kaiely, Dipusatkan di Desa Kaki Air

Ambon, BKA- Desa Kaki Air, bakal menjadi lokasi pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kecamatan Teluk Kaiely, Kabupaten Buru.

Kecamatan yang terletak di pesisir itu, mempunyai lima desa yakni Desa Kaki Air, Seith, Waelapia, Massarete dan Desa Kaeyeli.

Camat Teluk Kaiely, Muhamad Tan mengatakan, pada pelaksanaan Musrembang kecamatan untuk tahun ini, direncakan akan dihadiri langsung oleh Bupati Buru, Ramly Umasugi.

“Nanti pada saat jadwal Musrenbang kecamatan itu, untuk Kecamatan Teluk Kaiely, kalau tidak salah itu di Bulan Maret pada minggu pertama. Dan insya Allah akan dihadiri pak Bupati,” kata Tan, kepada BeritaKota Ambon, Rabu (10/2).

Tahun ini, kata dia, Musrenbang kecamatan akan diselenggarakan pada tempat yang sama seperti tahun lalu, yakni Desa Kaki Air. Sebab, masih ada program yang belum terealisasi di tahun 2020 lalu, sehingga Desa tersebut ditunjuk kembali sebagai tuan rumah Musrembang kecamatan.

“Untuk Musrembang kecamatan tahun ini kemungkinan besar itu di Desa Kaki Air lagi. Kenapa di Desa Kaki Air lagi ? Karena memang ada beta (saya) punya niat besar yang tidak jalan di tahun 2020 kemarin, seharusnya sudah jalan. Tetapi karena Covid-19 kegiatan itu tertunda,” ungkapannya.

Menurut dia, Musrembang kecamatan itu merupakan kewenangan Kecamatan, dan bukan kewenangan desa. Sehingga dapat menentukan tempat kegiatannya.

“Yang jelas kegiatan untuk Musrenbang kecamatan itu kewenangannya kecamatan bukan desa, jadi pemerintah kecamatan punya wewenang untuk menentukan tempat kegiatannya. Jadi dimana camat mau tunjuk sebagai tuan rumah Musrenbang kecamatan, itu adalah hak. Itu kewenangan, jadi itu bukan kewenangan desa lalu beta alihkan ke sana (Desa Kaki Air),” tutup Ahmad. (MSR)

Comment