by

Muswil PAN Maluku Bakal Memanas

Ambon, BKA- Suhu politik diprediksi bakal memanas jelang Musyawarah Wilayah (Muswil) ke V DPW PAN Maluku periode 2021-2025. Pasca dibuka pendaftaran bakal calon ketua/anggota formatur pada 25 Agustus kemarin, sudah ada dua elit politik yang mendaftar untuk rebut posisi Ketua DPW PAN Maluku.

Muswil ke V Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW-PAN) Maluku ini, direncanakan akan berlangsung di kota Tual. Sudah ada dua bakal calon ketua yang telah mendaftarkan diri langsung ke Sekretariat DPW PAN Maluku di jalan Jenderal Sudirman, kecamatan Sirimau.

Ketua Panitia Stering Komite Muswil ke-V DPW PAN Maluku, Abdul Sukur Kaliky, mengatakan, perhelatan Muswil PAN Maluku direncanakan pada akhir September 2020 sesuai keputusan Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan.

Pada perhelatan itu, semua kader partai dapat mencalonkan diri sebagai calon Ketua DPW. Asalkan memenuhi persyaratan, yakni, memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) PAN.

“Kita buka pendaftaran sejak 25 Agustus hingga 14 hari kedepan. Mekanismenya, para calon datang mendaftarkan diri, kemudian diberikan formulir pendaftaran sesuai dengan persyaratan yang telah dikeluarkan panitia, untuk diisi selama tiga hari ke depan,” ungkap Kaliky, kepada wartawan di Sekretariat DPW PAN Maluku, Rabu (26/8).

Sesuai arahan partai, diberikan kesempatan bagi kader partai yang ingin mencalonkan diri. Dan peluang yang sama juga diberikan ke pihak ekternal yang ingin mencalonkan diri.

Sesuai mekanisme setelah pendaftaran ditutup, lanjut Kaliky, nama-nama yang mencalonkan diri sebagai bakal calon ketua DPW akan dikirim ke DPP PAN di Jakarta.

Selanjutnya, DPP akan memutuskan siapa bakal calon yang lolos untuk disahkan menjadi calon ketua/anggota formatur periode 2021-2025.

“Semua akan kita kumpulkan baru kita kirim ke DPP. Nanti DPP yang putusankan berapa orang yang lolos calon untuk mengikuti Muswil nanti. Jadi semuanya tergantung dari DPP, dan kita tetap memberikan kesempatan kepada basudara kita yang ingin maju sebagai ketua DPW PAN Maluku untuk segera mendaftarkan diri ke Sekretariat DPW PAN,” ajak dia.

Sekretaris DPW PAN Maluku ini mengaku, dua bakal calon ketua yang telah mendaftar yakni ketua DPW PAN Maluku periode 2015-2020, Abas Ames Hadubun dan dia sendiri.

“Saya juga telah mendaftarkan diri bersama pak ketua,” sebut Kaliky.

Ia berharap, teman-teman pengurus lainnya di beberapa kabupaten/kota di Maluku yang berkeinginan mencalonkan diri, segera mendaftarkan diri dan mengambil formulir pendaftaran bakal calon ketua DPW PAN Maluku.

“Saya himbau kepada teman-teman pengurus DPD di daerah yang punya keinginan untuk mencalonkan diri, segera menghubungi panitia
Agar melakukan pendaftaran sebagai bakal calon ketua DPW PAN Maluku,” pesan Kaliky.

Informasi yang dihimpun koran ini, selain dua balon ketua DPW tersebut, ada beberapa nama yang digadang-gadang siap maju sebagai balon Ketua DPW PAN. Diantaranya, Taufik Saimima yang merupakan mantan pengurus DPW PAN Maluku, Peter Tatipikalauan mantan Sekretaris DPW serta beberapa anggota DPRD aktif yang sudah melakukan konsolidasi di tingkat partai untuk merebut jabatan politik dimaksud.(SAD).

 

Comment