by

Mutu Pendidikan Tergantung Kualitas SDM

beritakotaambon.com – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Maluku Tengah, Dr. Askam Tuasikal, mengatakan, guru harus mampu melakukan transformasi proses pembelajaran, terutama ditengah masa pandemi Covid-19.

Kemampuan itu, terangnya, penting dimiliki oleh guru. Sebab mutu pendidikan sangat dipengaruhi oleh kualitas guru.

“Semua tergantung dari kualitas SDM yang kita miliki, dalam hal ini tenaga pendidik. Apalagi di masa pandemi seperti ini, harus ada kreatifitas yang diciptakan oleh guru,” terang Tuasikal, Rabu(13/10).

Baca juga: SMA Maluku Belum Bisa BTM Terbatas

Guru di era modern, ujarnya, harus mampu mencari ilmu yang tidak hanya terdapat pada buku atau modul, tapi juga pada berbagai sumber lain, sehingga ilmu yang diberikan kepada siswa juga tidak sekedarnya.

“Guru harus jadi leader. Pimpinan perubahan dalam mengedukasi dirinya sendiri dan ekosistem pendidikan itu sendiri. Ini agar menunjang mutu pendidikan di Maluku Tengah,” sebutnya.

Meningkatkan mutu pendidikan, katanya, wajib bagi setiap daerah atau instansi terkait. Sebab itu merupakan program prioritas dari pemerintah pusat.

“Program pemerintah pusat yang diimplementasikan di daerah, secara langsung telah membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan,” terangnya.

Baca juga: SMPN 2 Ambon Ditunjuk Sebagai Pilot Plotting

Untuk itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Maluku Tengah pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan kualitas guru, sehingga mutu pembelajaran lebih kognitif, afektif dan psikomotorik bagi siswa.

“Sehingga guru dapat mewujudkan rasa nyaman dan kebahagian bagi peserta didik, karena adanya komitmen dan profesionalisme dari para pendidik,” tutup Tuasikal.(MG-2)

Baca juga: 40 Anak Maluku Lulus seleksi Edinburgh Award

Comment