by

Nakes Segera Disuntik Vaksin Moderna

AMBON-BKA, Dinas Kesehatan Kota Ambon segera melakukan penyuntikan vaksin Covid-19 jenis Moderna, ke seluruh Tenaga Kesehatan (Nakes).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengaku, pihaknya akan melakukan rapat dengan seluruh kepala fasilitas kesehatan, seperti puskesmas dan lainnya.

Menurut Wendy, vaksinasi tahap III yang diberikan ke para Nakes itu, akan didasari dengan tanda tangan pakta integritas dari kepala fasilitas kesehatan.

“Kepala fasilitas kesehatan harus menandatangani pakta integritas, bahwa yang menerima vaksin adalah Nakes atau sumber daya manusia kesehatan,” tuturnya, kepada awak media, Selasa (3/8).

Baca juga: BPKAD Ambon Akan Sensus Aset Daerah

Dikatakan, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin agar pelaksanaan vaksin tahap III dimaksud bisa dilakukan dalam Minggu depan.

“Tahap III kita akan usahakan. Kalau tidak Minggu ini, mungkin Minggu depan. Karena harus rapat dengan seluruh fasilitas kesehatan,” bebernya. .

“Ada beberapa persyaratan itu, kepala fasilitas kesehatan harus menandatangani pakta integritas yang menyatakan bahwa yang divaksin benar Nakes,” sambungnya.

Selain Nakes, Wendy juga menyebutkan, Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) juga harus menerima vaksin Moderna untuk tingkatan kekebalan tubuh.

“Walaupun bukan Nakes, tetapi termasuk dalam tim support tim. Nama sudah masuk ketika melewati dua kali vaksinasi sebelumnya. Ke tiga dengan Moderna,” terangnya.

Baca juga: Usia 12-18 Tahun Mulai Divaksin

Tambah Wendy, vaksin tersebut hanya bisa dilakukan terhadap seseorang yang sudah menerima vaksin tahap I maupun II. Jika belum, makan tidak disuntik vaksin jenis baru ini.

“Ketika orang yang belum tetap harus melalui dua tahapan ini baru bisa dilakukan dengan moderna. Dan moderna itu hanya wajib untuk SDMK. Tidak bisa diberikan kepada lain. Oleh karena itu, pakta integritas diberikan ketika ada yang bukan, maka dia akan berhadapan dengan hukum,” pungkasnya. (IAN)

Comment