by

Nania Bentuk Kelompok Bantuan Gempa

Ambon, BKA- Pemerintah desa Nania, kecematan Baguala membentuk kelompok untuk bantuan gempa 2019.

10 kelompok ini terdiri dari enam sampai 16 kepala keluarga yang rumahnya mengalami kerusakan saat gempa tahun lalu. Pemdes sendiri sudah mengajukan setiap data yang diperlukan sejak lama.

“Jadi kamu sudah ajukan data sejak lama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terkait rumah warga yang rusak pasca gempa. Itu sistemnya yaitu dibagi dalam kelompok penerima. Ada 10 kelompok yang terdiri dari beberapa keluarga didalamnya. Totalnya ada kurang lebih 200 kepala keluarga,” pungkas Sherly Akyuwen pejabat desa Nania.

Akyuwen mengakui tahapan dalam pembagian bantuan tersebut sehingga belum semua terealisasi. Dalam hal ini juga ada beberapa perubahan sehingga belum semua warga bisa menerima bantuan tersebut. Pemdes juga menegaskan tidak ada pungutan biaya administrasi saat pemdes melakukan pendataan.

“Ada tiga tahap dalam bantuan yang nanti akan dicairkan. Dan memang ada beberapa perubahan dari BPBD sehingga belum bisa semua terealisasi. Tidak ada pungutan biaya terhadap warga. Mulai dari pendataan bahkan sampai penerimaan bantuan tersebut,” tutupnya. (MG-1)

Comment