by

Nania Sosialisasi Vaksin Bagi Lansia

Ambon, BKA- Pemerintah Desa Nania, Kecamatan Baguala, melakukan sosialisasikan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat lanjut usia (lansia), diatas 60 tahun. Sosialisasi tersebut di pusatkan di kantor Desa Nania, dengan sasaran vaksin akan diberikan kurang lebih bagi 162 lansia.

“Vaksinasi tahap ke dua secara keseluruhan untuk Kecamatan Baguala, pemberian vaksinasi akan di lakukan selama 3 hari dari tanggal 12,13, dan 15 Maret,” ungkap Kaur Perencana Desa Nania, Jumiaty Wally, saat dikonfirmasi koran ini, Jumat (5/3).

Untuk Desa Nania sendiri, sebutnya, jadwal vaksinasinya jatuh pada tanggal 12 Maret dan di berikan kepada kurang lebih 162 lansia. Dan sebelum pemberian vaksinasi bagi lansia, juga akan dilakukan skrining terlebih dahulu untuk melihat kelayakan pemberian vaksin. Sejumlah poin pemeriksaan, di antaranya uji rapuh, serta adanya riwayat mengidap penyakit tidak menular.

“Jadi itu tidak langsung di Vaksin. Akan dilakukan beberapa pemeriksaan terlebih dahulu, apakah bisa tidak lansia ini divaksinasi. Jika memiliki penyakit bawaan seperti asam urat, gula darah, kita akan lihat dulu kondisi tubuhnya bisa tidak di vaksin,”ujarnya.


Hal senada ditambahkan dr. Ikramsyah Maulana yang juga turut melakukan sosialisasi bagi lansia. Menurutnya, jika setelah dilakukan skrining dan ditemukan ada lansia yang memiliki penyakit dalam, maka disarankan agar para lansia melakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam.

“Itu dilakukan untuk minta keterangan, bahwa kekebalan tubuhnya bisa tidak terima,” tandas Ikramsyah.
Dia menjelaskan, vaksinasi pada lansia tetap menggunakan vaksin produksi sinovac sebanyak 2 dosis. Yakni dosis kedua diberikan setelah 28 hari sejak pemberian dosis pertama.
“Lansia jadi sasaran vaksin tahap ke dua, karena merupakan kelompok berisiko tinggi terhadap penyebaran Covid-19. Jika antibodi tidak kuat dalam tubuh, maka dalam hitungan hari atau minggu bisa fatal. Apalagi jika memiliki penyakit bawaan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Penjabat Desa Nania, Sherly Akyuwen menghimbau, agar setiap lansia yang ada di Desa Nania bisa hadir nantinya dalam pemberian vaksinasi pada tanggal 12 Maret pekan depan. Guna membantu pemerintah menghentikan penyebaran Covid-19 yang masih menjadi pandemi sampai saat ini.

“Kita semua sudah mendengar penjelasan dari dokter terkait vaksinasi. Saya minta partisipasi yang baik dari semua bapak ibu lansia yang hadir, agar mau nantinya divaksinasi tanggal 12, tepat hari Jumat mendatang,” harapnya. (BKA-2)

Comment