by

Nania Transparan Soal Penggunaan DD-ADD

Ambon, BKA- Penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Pemerintah Desa Nania, Kecamatan Baguala, Kota Ambon dinilai transparan dan akuntabel. Dimana anggaran tersebut digunakan untuk membiayai program pemerintah desa, pemberdayaan masyarakat, serta peningkatan ekonomi masyarakat.

Sekertaris Desa Nania, Sandra Soekardy mengaku, penggunaan DD dan ADD di tahun 2021 ini, digunakan untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT), penanganan Covid-19, desa siaga kesehatan Covid-19, stunting, pembangunan, serta desa tanggap bencana.
Dimana untuk BLT, digunakan dari DD sebesar Rp 922.000.000 untuk 247 kepala keluarga (KK) penerima. Sedangkan BLT dari ADD berjumlah Rp 97.200.000 untuk 27 KK penerima.

“Itupun juga sudah kami pangkas. Tahun 2020 kemarin itu penerima BLT sekitar lima ratus lebih KK, sehingga anggaran kami habis untuk penerima BLT,” terang Sandra, saat ditemui koran ini, di kantor Desa Nania, Kamis (15/4).

Sementara untuk program penanganan Covid-19, dana yang digunakan sebesar Rp 23.145.500. Kemudian untuk desa siaga kesehatan Covid-19 sebesar Rp 53.885.000. Dan program stunting sebesar Rp 13.777.500 yang bersumber dari DD.

Terkait ADD yang digunakan untuk desa tanggap bencana, sambung Sandra, sebesar Rp 22.864.693. Yakni jumlah keseluruhan ADD yang ada sebesar Rp 1.934.494.969, yang digunakan secara akuntabel serta transparan ke masyarakat.

Sehingga dari seluruh program yang disampaikan, pembangunan drainase dan program BLT yang sudah dijalankan oleh pihaknya.

“Saat dana itu cair, kita pertama itu langsung jalankan program BLT. Yang kami sudah berikan itu baru sampai bulan Februari punya. Ada juga program pembangunan drainase yang dilakukan di kawasan RT 11 Desa Nania,” bebernya.
Sandra menambahkan, DD dan ADD yang diberikan pemerintah akan digunakan oleh pihaknya dengan sebaik mungkin. Guna membantu masyarakat dalam pemulihan ekonomi, serta melihat pembangunan-pembangunan yang ada di desa.
“Kami selalu terbuka bagi masyarakat terkait DD, ADD. Dan kami akan menggunakan dana tersebut sesuai dengan program yang sudah sama-sama kita rancang dalam musrembang desa secara transparan,” pungkasnya. (BKA-2)

Comment