by

Narkoba Bobol Ambon Jalur Online

beritakotaambon.com – Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon, Dian Fris Nalle, merasa prihatin dengan kian maraknya kasus narkoba di Kota Ambon. Apalagi sebagian besar yang tersangkut kasus itu merupakan generasi muda.

Menurutnya, kondisi itu tidak terlepas dari mudahnya akses pengiriman narkoba dari luar Kota Ambon masuk ke Kota Ambon.

Rata-rata, katanya, narkoba yang bobol ke Kota Ambon, dikirim menggunakan jasa pengiriman online.

“Peningkatan kasus narkotika di Ambon sangat meningkat. Rata rata modus penyelundupan narkotika di pesan lewat online, sehingga mudah didapatkan dan membuat banyak perkara yang masuk ke kejaksaan untuk ditindaklanjuti di persidangan pengadilan,” jelas Nalle, di pelataran Kantor Kejari Ambon, Kamis (26/8).

Untuk itu, dia berharap, pemerintah daerah bekerjasama dengan BNNP Maluku, Kepolisian dan Kejaksaan, agar menggencarkan sosialisasi tentang bahaya narkoba di tengah masyarakat.

Baca juga: Kamar Napi Narkotika Rutan Masohi Digeledah

“Rata-rata pemakai adalah anak dibawah umur. Umur 17 sampai 20-an tahun, yang kategorinya anak muda. Saya berharap, pemerintah daerah gencar melakukan sosialisasi akan bahaya narkoba ke masyarakat, terutama bagi kaum muda. Kami siap mendukung hal itu,” kata Nalle.

Bahkan, lanjutnya, narkoba jenis baru, tembakau sintetis, sudah masuk di Kota Ambon. Sehingga dia meminta adanya pengwasan ketat dari Pemerintah Kota Ambon, terhadap jasa pengriman online.

“Jadi itulah membuat banyak perkara yang masuk, karena pesanan narkoba atau paket itu melalui online. Jadi ini kita minta ada pengawasan ketat dari Pemerintah Kota Ambon,” jelasnya.

Jaksa berdarah NTT ini menghimbau, semua lapisan masyarakat agar menghindari penggunaan narkoba. Sebab sangat merusak, terutama bagi generasi muda.

“Saya minta agar masyarakat hindari narkoba, karena itu nanti merusak masa depan anak-anak bangsa. Saat ini marak terjadi penyelundupan narkotika itu melalui jasa pengiriman. Jadi kepada semua pihak, mari kita saling membantu untuk memberantas narkotika ini dengan sebaik mungkin,” pungkasnya.(SAD)

Comment