by

Nasdem Belum Bahas Pengganti Latumahina

Ambon, BKA- Masih dalam suasana berkabung, DPD Nasdem Kota Ambon belum mau membahas usulan Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kota Ambon Christian Latumahina yang telah meninggal dunia pada 9 Januari pekan lalu.

Meski telah memasuki hari ke 9 setelah pemakaman, belum ada pembahasan terkait PAW di internal pengurus Nasdem Kota Ambon maupun internal fraksi di DPRD. Seluruhnya sepakat, masih dalam suasana berkabung.

“Kita masih dalam kedukaan, sehingga masalah kelembagaan dan kepartaian, saya pikir ada waktu untuk bicarakan hal itu. Dan saat ini, kita belum berproses ke hal-hal itu,” ungkap Ketua DPD Nasdem Kota Ambon, Mourits Tamaela, kepada wartawan, Selasa (19/1).

Meski ada tahapan-tahapan melalui prosedur, kata dia, pengurus DPD Nasdem Kota Ambon maupun fraksi Nasdem di DPRD, masih tetap memberikan support kepada keluarga yang ditinggalkan.
“Karena kita masih dalam kondisi berduka. Dan kita selalu berikan support kepada keluarga yang ditinggalkan, sehingga batin kita ini bisa sama-sama tenang,” ujarnya.

Diakuinya, persoalan PAW tentu akan dibicarakan di tingkat pengurus DPD maupun DPW Maluku. Dimana nantinya ada keputusan dari DPD untuk diusulkan ke DPW, untuk kemudian di usulkan ke DPP Nasdem untuk ditindaklanjuti.

Sehingga dari keputusan DPP Nasdem, nantinya akan diteruskan ke DPRD Kota Ambon untuk diproses usulan nama yang nantinya melanjutkan sisa periode dari almarhum Christian Latumahina.
“Kita akan menjurus ke PAW, tapi belum tahu kapan waktunya. Sesuai dapil ada rekan kami yang nomor 2, pasti akan diproses sambil menunggu hasil koordinasi dengan partai di level DPD, DPW hingga DPP Pusat terkait dengan kekosongan jabatan itu. Tapi terkait kapan, siapa jabatannya, sampai sekarang belum ada. karena kita masih berkabung,” tutup Mourits.

Diberitakan sebelumnya, salah satu sumber yang menolak namanya diberitakan, mengaku bahwa posis ke 2 suara terbanyak akan diisi oleh Tan Indra Tanaya lewat proses Pergantian Antar Waktu (PAW).
Tan Indra sendiri, merupakan calon legislatif (caleg) Anggota DPRD Kota Ambon pada Pemilu Legislatif 2019 lalu. Yang merupakan suara terbanyak kedua, setelah almarhum Christian Latumahina, dari daerah pemilihan (Dapil) Sirimau 1.

Sehingga kemungkinan besar, Tan Indra yang merupakan salah satu pengurus Nasdem Kota Ambon itu, bakal melanjutkan sisa periode dari almarhum Christian Latumahina sebagai anggota DPRD Kota Ambon, periode 2019-2024.

“Ya memang ini kan Nasdem masih berduka. Tapi kalau bicara soal PAW, tentu posisi pemenang kedua ada di saudara Tan Indra Tanaya. Karena dia (Tan Indra), adalah suara terbanyak kedua setelah almarhum pak Christian Latumahina,” tandas sumber, belum lama ini. (UPE)

Comment