by

Negeri Hative Kecil Perketat Prokes

Guna mencegah penularan pandemi Covid-19 di lingkungan, RT.003/RW.01, Negeri Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon terus memperketat protokol kesehatan (prokes) di lingkungannya.

Yakni menganjurkan warganya untuk selalu mematuhi 5M, yakni Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Memakai masker dan Mengurangi mobilitas di lingkungan.

“Kita sudah sediakan fasilitas di depan lorong masuk lingkungan. Seperti alat mencuci tangan kemudian juga disediakan buku tamu. Setiap warga luar yang mau masuk ke lingkungan akan kami data. Ini untuk mencegah adanya penularan Covid-19,” tutur Ketua RT 003/RW.01 Sion Pattiapon, saat menguhubungi Koran ini, Rabu (21/7).

Dikatakan, penerapan protokol sebenarnya sudah dilakukan sejak penerapan PSBB tahap pertama sebelumnya. Namun sebagian masyarakat mulai tidak mematuhinya, sehingga kembali diperketat.

“Biasanya kalau saya jalan di lingkungan, kemudian kedapatan ada warga yang tidak menggunakan masker saya akan tegur. Bahkan kalau ditangan saya ada masker yang lebih, saya berikan langsung ke warga untuk digunakan,” ucapnya

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga punya trik tersendiri untuk membuat anak-anak dilingkungannya selalu memakai masker. Salah satunya dengan memberikan permen atau jajan bagi anak-anak yang taat memakai masker.

Sebab, ini menjadi acuan bagi anak-anak agar saat beraktivitas di lingkungan selalu menggunakan masker demi keselamatan bersama.

Pattiapon juga meminta, agar masyarakat di lingkungannya bisa senantiasa mentaati prokes yang telah ditetapkan pemerintah. Agar seluruh warga bisa terhindar dari wabah Covid-19.

“Untuk mencegah penularan ini sebenarnya butuh kesadaran yang tinggi dari masing-masing orang. Dan saya harap warga saya bisa melihat hal itu dan bisa selalu taat pada protokol yang berlaku,” harapnya. (BKA-2)

Comment