by

Negeri Tawiri Perketat Prokes 4M

AMBON-BKA, Desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon, perketat protokol kesehatan di lingkungan, dengan menerapkan 4M yakni Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Menjauhi kerumunan. Penerapan ini menjadi patokan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Sekretaris Desa Tawiri, Ampy mengatakan, hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian pemerintah negeri dalam membantu pemerintah pusat menurunkan angka Covid-19, mulai dari lingkungan desa.

“Kami kembali perketat penerapan protokol. Dengan menhimbau warga lakukan 4M dalam beraktivitas di lingkungan, dalam rumah maupun luar rumah. Titik kumpul warga menjadi fokus utama kami dalam melakukan sosialisasi,” terang Ampy, saat dihubungi via seluler, Jumat (23/7).

Hal tersebut, lanjut dia, juga berlaku pada pelayanan di desa. Yakni pihaknya tidak akan melayani warga yang melakukan pengurusan tanpa menerapkan 4M.
“Kami bahkan bersikap tegas dengan tidak memberikan pelayanan, jika warga tersebut tidak mengikuti protokol saat datang ke kantor desa,” tegasnya.

Sejauh ini, kata dia, belum ada data pasien positif Covid-19 yang diterima oleh pihak negeri dari puskesmas yang bertugas. Namun untuk mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19, penerapan 4M harus dilaksanakan masyarakat agar bisa terhindar dari bahaya penyebaran virus Corona.

“Memang sampai saat ini belum ada data positif Covid-19 di Desa Tawiri. Biasanya yang lebih tahu angkanya itu puskesmas atau pun rumah sakit terdekat. Namun kami harus tetap tegas terkait protokol kepada masyarakat. Agar tidak ada yabg terkena virus mematikan itu. Kan ada pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi kami antisipasi hal tersebut” tutupnya. (BKA-2)

Comment