by

Negeri Tawiri Siap Jalankan Program Lewat DD

Pemerintah Negeri (Pemneg) Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, siap menjalankan berbagai program pemberdayaan masyarakat hingga pembangunan lewat dana desa (DD) sebanyak Rp 1 miliar dari pemerintah.

“DD merupakan dana yang disediakan Pemerintah Pusat untuk digunakan setiap desa yang ada. Bertujuan untuk mensejahterakan warga desa dengan menjalankan berbagai program,” tutur Sekertaris Negeri Tawiri, Andy Patty, kepada koran ini, Jumat (4/6).

Berdasarkan penetapan pagu anggaran, lanjut Andy, akan digunakan sebanyak Rp 1 miliar di tahun ini dari DD. Sedangkan dari Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 2 miliar.

“Kami baru saja musrembang, jadi ada beberapa penetapan program berdasarkan RKP. Itu kita akan lihat skala prioritas. Yang pertama menanggulangi kemiskinan dan kesenjangan sosial. Yang berikut warga bisa memiliki jenjang pendidikan yang maksimal,” sebutnya.

Selain program tersebut, lanjut dia, ada juga program untuk kesejahteraan perempuan. Juga program penangangan Covid-19 yang diajukan oleh pihak pemerintah untuk dilaksanakan.

“Kami juga akan menyusun program untuk kesetaraan gender dan kesejahteraan perempuan. Kemudian ada juga untuk penanganan Covid-19 seperti sosialisasi dan BLT,” tutupnya. (BKA-2)

Comment