by

Nelayan Ambon Ikut Sekolah Cuaca

Ambon, BKA- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ambon, melibatkan sekitar puluhan nelayan di Kecamatan Nusaniwe Ambon, ikut sekolah lapang cuaca nelayan Maluku, di aula kantor Camat Nusaniwe, Senin (21/9).

Sekolah cuaca tersebut, dengan sub tema “Aman di Laut Nelayan Sejahtera, Indonesia Maju”, yang digelar Meteorologi Maritim BMKG Ambon.

Kepedulian BMKG terhadap nelayan ini, dicanangkan melalui aplikasi zoom. Sebagai bentuk, untuk menekan penularan Covid-19.

Deputi Metrologi BMKG, Guswati dalam sambutan berharap, dengan kegiatan tersebut dapat membawa para nelayan di Ambon, untuk bisa mengetahui cuaca dengan sempurna. Serta mengurangi angka kecelakaan yang sering terjadi di tengah laut.

Disisi lain, Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon, Steven Patty, sangat mengapresiasi kegiatan BMKG Ambon. Karena dengan begitu, pastinya para nelayan bisa lebih bijak membaca cuaca, ketika hendak melaut.

Menurut Steven, sebagian besar di Ambon, banyak nelayan tangkap. Dan itu, sangat beresiko, kalau tidak bisa membaca kondisi cuaca. Sehingga dengan sekolah cuaca ini, sangat terbilang bagus.

“Dengan pelatihan ini kota bisa menyiapkan sumber daya kita untuk mengantisipasi ketika ada perubahan iklim,” terang Steven.

Ia menambahkan, dengan sekolah ini juga, bisa membuat produktifitas para nelayan untuk membaca kondisi cuaca. Sehingga diharapkan, para nelayan serius mengikuti Sekolah dimaksud. (BKA-1).

Comment