by

Nelayan Rentan Harap Laporkan Diri

Ambon, BKA- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Perikanan berharap agar masyarakat, khususnya para nelayan yang merasa pekerja rentan bisa segera melaporkan diri. Guna terdaftar sebagai pekerja rentan untuk mendapatkan bantuan.

Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon, Feby Maiil mengatakan, mereka harus mendaftarkan diri di pemerintah setempat. Setelah itu, pihaknya akan mengambil data dari kantor negeri atau desa yang mereka tinggal.
“Kalau merasa termasuk sebagai pekerja rentan, harus daftar diri di pemerintah negeri atau desa. Nanti kita akan ambil dan masukan datanya disana,” ungkap Feby, saat diwawancarai awak media, di Balai Kota, Kamis (29/4).

Dia mengaku, data dimaksud sangat penting. Sebab, jaminan ketenagakerjaan sementara disiapkan. Sehingga mereka yang terdaftar akan dapat bantuan itu. “Pemerintah Kota dan BPJS ketenagakerjaan akan siapkan jaminan ketenagakerjaan kepada nelayan yang masuk pekerja rentan,” bebernya.

Lebih lanjut, terang dia, apabila tidak mendaftarkan diri, maka jangan salahkan pemerintah. Karena hal ini, sudah diberitahukan sejak lama. “Pastinya mereka tidak terakomodir kalau tidak daftar. Kita juga tidak bisa kerja asal suka, karena ada aturannya,” sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Ambon, Stiven Patty mengaku, warga kategori pekerja rentan yang telah terdata, kurang lebih sebanyak 25 ribu orang. Data ini merupakan upaya dalam tahun 2021.

“Bukan saja untuk nelayan, yang masuk kategori pekerja rentan. Tapi ada banyak, seperti tukang ojek dan lain-lain. Mereka yang terdata berhak mendapatkan jaminan sosial,” tutup Stiven. (IAN)

Comment