by

Noaf: Pengelolaan PI 10 Persen Harus Jalan

beritakotaambon.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Noaf Rumau, berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBT dan PT. Maluku Energi Abadi (MEA) memperoleh kesepakatan terkait pengelolaan Participating Interest (PI) 10 persen Migas Blok Bula dan Non Bula.

Menurut Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) SBT itu, PI 10 persen dari pengelolan Migas Blok Bula dan Non Bula sangat penting bagi uaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Karena jika PI 10 persen itu dimanfaatkan dengan baik, katanya, maka hasilnya akan menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Baca juga: Yanlua Demo Belah Warga Sabuai di PN SBT

“Pengelolaan PI 10 persen harus jalan. Kalau tidak, kita rugi. Ada barang kita ini, harus dikelola dieksploitasi untuk daerah,” ucap Noaf, Senin (25/10).

Jika Pemkab SBT tidak memperoleh PI 10 persen dari pengelolaan Migas Blok Bula dan Non Bula, maka percuma SBT memiliki Migas, tapi tidak dikelola untuk kesejahteraan masyarakat. “Barang kita ada, tapi kita tidak manfaatkan. Percuma,” tuturnya.

DPRD secara moril, katanya, sangat mendukung upaya Pemkab dalam konteks pengelolaan PI 10 persen. Sebab semuanya bermuara pada peningkatan PAD, yang tujuannya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Infrastruktur Kecamatan Kilmury Perlu Diperhatikan

Untuk itu, beberapa waktu lalu, DPRD telah melakukan koreksi terhadap dokumen PKS antara Pemkab SBT dan PT MEA.

“Dan koreksi dari DPRD terhadap beberapa klausul dalam dokumen PKS telah disampaikan ke Pemda SBT, nantinya tinggal Pemda serahkan ke PT MEA untuk dipelajari,” tandas Noaf.(SOF)

Comment