by

Oktober, 189 CPNS Pemkot Prajabatan

beritakotaambon.com – Setelah mengalami penundaan yang cukup lama akibat pandemi Covid-19, 189 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, akan mengikuti Prajabatan pada Oktober 2021 mendatang.

Diketahui, 189 orang ini telah lolos seleksi CPNS di tahun 2019. Dan kini sedang melaksanakan tugas di BalaiKota Ambon dengan status pegawai 80 persen, karena belum prajabatan.

Prajabatan ratusan CPNS tersebut, akan berlangsung secara offline di Balai Diklat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku.

Kepala BKSDM Ambon, Benny Selanno mengaku, prajabatan dimaksud, harusnya terlaksana sejak tahun 2020 kemarin. Namun akibat merebaknya pandemi Covid-19, sehingga mengalami penundaan hingga saat ini.

“Harusnya sudah jalan dari tahun kemarin. Tapi karena pandemi ini, kegiatan itu harus ditunda. Bulan depan (Oktober) prajabatan dilakukan,” tandas Benny, kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (14/9).

Dituturkan, alasan pelaksanaan prajabatan 189 PNS itu berlangsung Oktober 2021, karena kondisi virus mematikan di kota Ambon sudah mulai membaik.

“Jadi melalui kesepakatan antara Pemkot dan Badan Diklat, sehingga proses ini akan berlangsung pada tanggal 25 Oktober 2021 mendatang sampai dengan selesai. Seperti itu yah,” sebutnya.

Dijelaskan, setelah selesai dengan proses itu, BKSDM Kota Ambon akan segera memproses 189 CPNS itu menjadi pegawai organik atau pegawai tetap di Pemkot. Ratusan CPNS ini memang telah aktif bekerja dengan SK 80 persen sebanyak 189 orang. Dan seluruhnya wajib mengikuti prajabatan, tanpa terkecuali.

“Setelah selesai itu maka mereka segera kita proses untuk diangkat menjadi pegawai organik, atau pegawai 100 persen,” imbuhnya.

Disinggung jumlah anggaran yang diperuntukkan untuk kegiatan itu, Benny menyebutkan, kurang lebih sebesar Rp 1 miliar.

 “Anggarannya 1 miliar dan pelaksanaannya dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Ini demi menekan penularan Covid-19,” kuncinya. (IAN)

Comment