by

Oktober, MTQ Provinsi Digelar

Ambon, BKA- Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlololon pastikan, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Maluku ke- 29, akan di gelar pada Oktober 2021 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).
Dijelaskan, dalam rapat koordinasi yang dilakukan bersama Pemerintah Provinsi Maluku, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an ( LPTQ) KKT, dan Kemenag Maluku itu, telah disepakati secara bersama untuk jadwal MTQ digelar pada Oktober 2021.

“Hasil akhir dari rapat koordinasi telah dilakukan bersama pihak yang bersangkutan. Dan hasilnya telah disepakati untuk gelaran MTQ tingkat Provinsi ke 29 di KKT, dilakukan pada Oktober,” ungkap Fatlolon, usai rakor terkait jadwal pagelaran MTQ tingkat Provinsi ke 29, di kantor Gubernur Maluku, Rabu (27/1) kemarin.

Saat ini pihaknya, kata dia, sedang melakukan persiapan untuk mensukseskan kegiatan tersebut. Seperti lapangan pembukaan dan penutupan, serta sarana-prasana pendukung lainnya.

“Target dari persiapan untuk MTQ Tingkat Provinsi Maluku ke 29 di KKT sendiri, yaitu pada bulan Mei atau Juni 2021. Segala bentuk persiapan telah rampung. Dan direncanakan bulan Februari nanti, Pemerintah Provinsi dan Kemenag akan turun ke sana untuk meninjau kesiapan kita,” terangnya.

Tak sampai disitu, Fatlolon mengaku, mengingat kontingen yang ikut berkisar antara 700 hingga 1000 orang, maka dalam rapat koordinasi pihaknya telah meminta bantuan Bus dari Pemerintah Provinsi Maluku sebanyak 10 unit.

“Kami meminta bantuan Bus sebanyak 10 unit, untuk mobilisasi darat bagi para kontingen. Nanti Bus akan dikirim dari Kota Ambon, menuju Kota Saumlaki di KKT, ” paparnya.
Terkait akomodasi makan minum serta tempat tinggal dari seluruh kontingen, Fatlolon katakana, hal itu menjadi tanggungjawab dari Pemerintah Daerah KKT.

“Untuk tempat tinggal bagi para kontingen, kita tidak akan pakai rumah warga. Nanti dipakai itu hanya hotel, penginapan yang layak, serta mes Pastor dan pendeta yang masih kosong akan dibenahi biar lebih baik untuk para kontingen, ” ungkapnya.

Terkait dengan persoalan keberangkatan para kontingen dari daerah masing-masing menuju Kabupaten Kepulauan Tanimbar, telah dibahas dalam rapat koordinasi sehingga sudah tidak ada kendala lagi.

“Jadi penerbangan menggunakan Wings Air dari Kota Ambon menuju KKT itu, akan ditambah jadwalnya. Tiga hari sebelum kegiatan, Wings Air akan melayani penerbangan tiga sampai empat kali dalam sehari, “tutup Fatlolon. (UPE)

Comment