by

OPD Harus Mampu Gesit di Lapangan

Ambon, BKA- Seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Ambon, dinilai harus mampu memberikan pelayanan maksimal ke masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya meninjau langsung kondisi masyarakat dan mendorong ketahanan pangan.

Hal ini disampaikan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, kepada wartawan, Selasa (28/7). Dijelaskan, seluruh pimpinan OPD atau kepala dinas yang ada harus dapat membantu masyarakat.

Karena saat ini, Kota Ambon masih berada dalam pandemi Covid-19 yang ketahanan pangan menjadi hal terpenting bagi masyarakat. Karena ada banyak perubahan yang terjadi di masyarakat akibat pandemi.

Sehingga wajib bagi setiap pimpinan OPD, yang bertanggung jawab atau berhubungan langsung dengan masyarakat, dapat selalu membantu di tengah penyebaran Virus Corona. Sehingga masyarakat merasa terdorong dan memperoleh ide-ide atas bantuan yang diberikan masing-masing dinas.
Dinas terkait yang berhubungan langsung dengan masyarakat, harus dapat memberikan inisiatif kepada masyarakat, untuk mendorong ketahanan pangan dan dapat terjaga serta terjamin selama masa pandemi Covid 19.

“DP3AMD itu ada, pemerintahan, pertanian, perikanan semua ada. Maksudnya supaya itu menjadi motivasi kepada mereka, supaya dapat mendorong desa yang ada,” harap Louhenapessy.

Politisi Golkar ini mengaku, ketahanan pangan yang terjamin di masyarakat akan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan utamanya. Dan kebutuhan utama yang terpenuhi dengan baik, dapat membuat masyarakat berinisiatif untuk dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Dirinya meminta seluruh pimpinan OPD yang ada, untuk dapat turun langsung ke lapangan karena masyarakat memerlukan bukti nyata.
“Sekarang ini bukan lagi dibelakang meja, tapi di lapangan. Karena masyarakat itu tidak makan meja tapi makan makanan. Karena itu kepala dinas harus di lapangan untuk mendorong masyarakat, paling tidak menjamin ketahanan pangan,” pinta dia.

Ia mengungkapkan, di masa pandemi Covid 19 ada masyarakat yang kehilangan pekerjaannya dan ada juga yang dirumahkan maupun tertimpa masalah lain akibat pandemi.

Untuk itu pimpinan OPD pada masing-masing dinas dapat melihat hal tersebut dengan cermat untuk berkreasi. Sehingga dapat menciptakan sebuah ketahanan pangan yang terjamin di masyarakat, terutama bagi masyarakat yang kehilangan pekerjaannya.

Walikota dua periode ini berharap, seluruh pimpinan OPD atau dinas terkait yang berhubungan dengan masyarakat, dapat menjadi pencetus ide atau gagasan bagi masyarakat di Kota Ambon. Baik di desa atau kelurahan untuk dapat menjamin ketahanan pangannya. (DHT)

Comment