by

OPD Maluku Diharapkan Mampu Tingkatkan PAD

AMBON-BKA, Jika seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provonsi Maluku berinovasi, otomatis dapat meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Maluku. Hal ini disampaikan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Maluku, Djalaludin Salampessy.

Baca: Corona Hambat Revitalisasi Benteng Victoria

“Karena masih ada banyak lagi inovasi yang tumbuh berkembang untuk dijadikan objek PAD baru. Dimana dari hasil PAD ini, dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur dan lain sebagainya,” terang Djalaludin, kepada wartawan, Jumat (29/7).

Menurut dia, target capaian PAD tahun 2021 untuk Provinsi Maluku, telah mengalami peningkatan dari Rp 500 miliar di tahun 2020, dan tahun ini menjadi Rp 600 miliar.

“Kita menargetkan PAD tahun 2021 ini sebanyak 600 miliar. Dengan berbagai inovasi dan kerja keras dari seluruh OPD, saya sangat yakin target dimaksud bisa kita capai,” terangnya.

Baca:Nakes Ambon Akan Disuntik Vaksin Moderna

Dikatakan, fokus utama untuk mencapai target PAD Rp 600 miliar tahun ini, ada pada bidang pajak. “Kita fokus pada hal tersebut. Pajak yang dimaksud, terdiri dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), bea balik nama kendaraan bermotor, bahan bakar kenadaraan bermotor, pajak rokok dan pajak air permukaan,” papar dia.

Namun tidak menutup kemungkinan, sambung Djalaludin, capaian PAD 2021 bisa melebihi target. Asalkan, ada dukungan dari semua pihak terkait, dalam hal ini OPD.

“Mudah-mudahan kondisi semakin membaik, dukungan OPD, DPRD, pers untuk mendorong agar inovasi ini berjalan. Sehingga bisa mencapai target PAD yang ditetapkan bahkan bisa lebih,” tutupnya. (MG-2)

Baca juga: Kemenkumham Maluku Bentuk Desa Sadar Hukum

Comment