by

Optimis Juli Ambon Zona Hijau

Ambon, BKA- Pemerintah Kota Ambon sangat optimis, kota bertajuk Manise ini akan keluar dari zona orange menuju zona hijau penyebaran Covid-19 pada bulan Juli 2021 mendatang. Dan jika demikian, proses belajar tatap muka akan diterapkan.

“Apabila pada bulan Juli kita sudah ada di zona kuning atau hijau, kita akan lakukan belajar tatap muka dengan uji coba,” ungkap Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler kepada wartawan Kamis (11/3).

Ia mengaku, jika semua yang diharapkan tidak terkabul, maka Pemerintah Kota Ambon belum berani mengambil keputusan untuk seluruh sekolah diberlakukan belajar tatap muka. Karena hal tersebut menyangkut keselamatan anak didik.
“Kalau Juli mendatang zona kita masih orange, tentu kita akan meminta Pemerintah Pusat untuk mempertimbangkan. Agar belajar tatap muka bisa ditunda sebentar untuk kota Ambon, atau tetap belajar daring,” sebutnya.

Saat ini, lanjut dia, ratusan tenaga pendidik dibawah naungan Pemerintah Kota Ambon sudah menjalankan vaksinasi Covid-19. Dan lewat program tersebut, menandakan Ambon siap melakukan uji coba belajar tatap muka. Namun akan dilihat dengan kondisi yang ada.

“Waktu Maret ke Juli cukup panjang. Itu yang kita lakukan sekarang. Upaya dan ikhtiar vaksinasi Covid-19. Ini kan salah satu diantaranya, adalah upaya untuk menurunkan tingkat penyebaran Covid-19 di kota Ambon,” tutur Hadler.

Terkait evaluasi Pemerintah Kota terhadap proses belajar daring selama setahun akibat Covid-19, Politisi PPP ini menilai, secara umum sangat efektif. Yang pasti lebih efektif dengan belajar tatap muka.

“Memang untuk efektif 100 persen sangat tergantung dari fasilitas dan kemauan orang tua. Sebab itu bisa saja akan jalan dua opsi kedepan bersama, belajar daring dan tatap muka. Tapi tentu ada beda keduanya,” terang dia.

Ia menambahkan, Pemerintah Pusat telah mengeluarkan kebijakan, yang mana belajar tatap muka akan diberlakukan Juli 2021 mendatang. Dan Pemerintah Kota akan mempertimbangkan dengan kondisi Kota Ambon.
“Tidak serta merta, karena Pempus sudah tetapkan belajar tatap muka Juli, lalu kita ikuti. Sekali lagi kita sesuaikan dengan kondisi penyebaran Covid-19 dan fluktuasi zonasi kita. Kalau masih tetap di zona orange, maka kita akan pertimbangkan,” kunci Hadler. (IAN).

Comment