by

Orangtua Diminta Terus Dukung PJJ

Ambon, BKA- Orangtua diharapkan tidak bosan untuk mendampingi anak dalam proses belajar di rumah. Karena memang kondisi pendidikan saat ini, yang diselenggaran secara jarak jauh sangat memerlukan peran orangtua.

Kepala SD Inpres 22 Ambon, C. Attamimi, mengatakan, dukungan orangtua selama proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), harus terwujud lewat partisipasi aktif, sebagai tanggungjawab bersama untuk memastikan proses belajar anak tetap berjalan,

“Sebab dengan PJJ yang terus berlanjut, bisa saja orangtua merasa jenuh dalam melakukan pendampingan bagi anak di rumah. Untuk itu, kita sebagai guru sangat harapkan orangtua agar tetap semangat, dengan terus memberikan dukungan dan menjalankan perannya. Kita sangat harapkan itu, karena mereka sangat dibutuhkan dalam proses ini,” ungkap Atamimi, Senin (7/9).

Dukungan orangtua pada proses pendidikan ditengah pandemi ini sangat diperlukan pihak sekolah. Karena proses belajar jarak jauh ini belum dapat dipastikan kapan berakhir.

“Bahwa meski anak-anak di rumah, namun harus tetap dituntun untuk konsentrasi pada proses pembelajaran yang dilakukan. Orangtua yang adalah guru di rumah, harus mampu melakukan tugas dan tanggungjawabnya. Bukan saja saja sebagai pendamping, tapi juga sebagai solusi dalam setiap persoalan yang dihadapi oleh anak selama belajar. Jika tidak menemukan jalan keluar, barulah bisa menyampaikan kepada guru untuk menjelaskan. Itu kira-kira yang sangat diharapkan, bentuk dukungan seperti begitu,” paparnya.

Kondisi saat ini, kata Attamimi, bukan saja menjadi ujian bagi guru, tapi juga bagi orangtua. Apakah mampu melaksanakan perannya dengan baik, atau justru sebaliknya.

Intinya, tanpa pendampingan yang baik dari orangtua, maka para guru akan sulit untuk mencapai apa yang diharapkan. “Dengan berbagai kendala, kita tetap upayakan supaya anak-anak tetap belajar. Karena itu, dukungan penuh dari orangtua terus kita harapkan, demi menjawab kebutuhan mereka. Kita tidak inginkan mereka tuntas materi pelajaran, melainkan mereka bisa diberikan pelayanan pendidikan, agar tidak ketinggalan dalam berbagai hal, baik dalam pertumbuhan karakter maupun ilmu pengetahuan mereka,” pungkasnya. (LAM)

Comment