by

Orangtua Dukung Ujian Tatap Muka

Ambon, BKA- Kepala SD Negeri 3 Ambon, Lin Waas, mengatakan, telah mendapatkan dukungan orangtua untuk melaksanakan ujian tatap muka di sekolah.

Untuk itu, pihaknya berencana akan melakukan ujian tatap muka di sekolah menggunakan protokol kesehatan (Prokes), yakni, menjaga jarak, pakai masker dan mencuci tangan.

“Rencananya, kita ujian tatap muka di sekolah. Karena orangtua sudah setuju untuk itu. Memang belum ada ijin dari Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk ujian tatap muka, tapi saya kira kalau pakai prokes bisa ujian tatap muka saja. Sebab, kita mau ujian Daring juga anak-anak terkendala fasilitas. Jadi sulit,” ungkap Waas, Jumat (16/4).

Menurutnya, berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 1 tahun 2021 tentang peniadaan Ujian Nasional (UN) dan petunjuk pelaksanaan ujian tahun 2021, memang Satuan Pendidikan (SP) bisa menggunakan akumulasi nilai semester dan nilai portofolio untuk penentuan kelulusan tahun ini. Tapi hal itu bisa juga dilakukan dengan melaksanakan ujian, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

“Artinya, bisa saja kita sesuaikan dengan kondisi, lalu ujian Daring. Tapi apakah ujiannya maksimal atau tidak? Jangan sampai justru guru sulit menilai, lantaran ujian berjalan tidak efektif. Karena itu, kita sudah atur untuk ujian tatap muka. Kan siswa tidak banyak, jadi bisa atur jarak di dalam kelas. Saya kira kalau dengan prokes, ujian bisa berjalan lancar,” pungkas Waas. (LAM)

Comment