by

Orangtua Izinkan Ujian Kelulusan Tatap Muka

Ambon, BKA- Sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 1 tahun 2021, tentang peniadaan Ujian Nasional (UN) dan petunjuk pelaksanaan ujian tahun 2021, Satuan Pendidikan (SP) diminta selain menggunakan akumulasi nilai semester dan nilai portofolio, penentuan kelulusan tahun ini juga bisa dilakukan dengan melaksanakan ujian disesuaikan dengan situasi dan kondisi pada daerah masing-masing.

Jika situasi dan kondisi di daerah tidak memungkinkan, maka sekolah bisa melaksanakan ujian secara Daring atau online. Seperti yang akan dilakukan sejumlah sekolah di Kota Ambon, lantaran masih berada pada zona orange

Hal itu pun diakui Kepala SMA Kristen Passo, Adriana Tatipata, bahwa dengan Kota Ambon masih dalam zona orange, semua aktivitas sekolah diminta tetap berjalan secara Daring, termasuk pelaksanaan ujian kelulusan.

Namun katanya, ujian secara Daring yang nanti dilakukan itu tidak akan menghasilkan hasil yang maksimal. Karena itu, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan orangtua dan meminta izin untuk melakukan ujian secara tatap muka di sekolah.

Hasil dari pertemuan itu, katanya, orangtua siswa telah mengijinkan sekolah untuk melakukan ujian tatap muka.

“Karena rata-rata anak-anak tidak memiliki fasilitas Daring, jadi mau ujian Daring juga sulit. Sehingga pada saat pertemuan dengan orangtua, kita telah meminta izin untuk ujian tatap muka di sekolah. Kan di SMA Kristen Passo, hanya 15 siswa. Jadi saya kira bisa saja kita lakukan, dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Dari pada kita paksakana ujian Luring yang ujung-ujungnya hasil tidak maksimal, karena prosesnya juga tidak jalan secara baik. Jadi untuk ujian kelulusan, kita akan lakukan secara tatap muka. Mudah-mudahan, pada saatnya berjalan lancar tanpa kendala,”harap Tatipata. (LAM)

Comment