by

Orangtua Jenuh Dampingi Anak BDR

Ambon, BKA- Kepala SD B3 Urimessing, C. Salawanej, mengungkapkan, orangtua sudah jenuh mendampingi anak Belajar Dari Rumah (BDR). Akibatnya, anak-anak meminta untuk adanya belajar tatap muka, agar mendapat perhatian penuh dari guru.

“Kondisi ini memang orangtua juga sudah jenuh, sehingga anak pun jenuh BDR. Padahal kita berharap, orantua tetap bertindak jadi guru dalam proses ini. Sebab kita tidak belajar Daring, tapi Luring. Karena pertama, kita punya jaringan WiFi tidak ada, sehingga untuk belajar di rumah, untuk sementara gunakan buku tema yang kita kasih ke orangtua. Jika ada kesulitan, baru sampaikan ke wali kelas. Persoalannya, orangtua sudah jenuh. Dilain segi, proses belajar tatap muka masih dilarang. Maka itu, mau tidak mau, kita harus tetap ikut komando atasan saja. Tidak bisa lebih,” ungkap Salawanej, Minggu (29/11).

Apapun kondisinya, lanjut dia, sekolah akan tetap menyesuaikan dengan keputusan pemerintah, yang disesuaikan dengan kondisi di Kota Ambon.

Untuk itu, meskipun ada kendala, proses belajar Luring pada sekolah yang dia pimpin saat ini tetap berjalan. Sambil menunggu intruksi selanjutnya dari Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

“Kita tetap menunggu. Semoga tahun depan ini ada tatap muka. Intinya, kita ikut saja. Kalau sekarang mau paksa belajar tatap muka pun tidak bisa bisa. Kerinduan anak-anak untuk belajar di sekolah, sebenarnya, dasarnya orang tua sudah jenuh. Sehingga bukan saja siswa yang inginkan belajar tatap muka, tapi orangtua juga. Kalau misalnya kondisi ini berubah ke zona hijau, maka pasti tatap muka jalan. Sebab informasinya itu, tahun depan sudah jalan, tapi itu dikembalikan ke pemerintah. Jadi kita siap saja,” tuturnya.

Menurut Salawanej, jika pada Januari 2021 mendatang sekolah dibuka, maka pihak siap. Pasalnya berbagai , kesiapan terkait dengan fasilitas dan perlatan kesehatan, sudah ada.

“Aturannya, pasti masih dengan protokol kesehatan. Karena itu, kita punya sekolah sudah siapkan itu yang terkait dengan protokol kesehatan. Tinggal menunggu saja. Kalau misalnya pemerintah infokan tatap muka, maka sekolah siap, orangtua juga siap. Dan ini saya sudah sampaikan waktu pettemuan beberapa waktu lalu dengan orangtua. Untuk saat ini, kita sementara siapkan untuk anak-anak ikut penilaian semester I ini dulu. Mudah-mudahan, semua berjalan lancar,” harapnya. (LAM)

Comment