by

P2HAM Kemenkumham Maluku Tinjau Rutan Masohi

beritakotaambon.com – Tim Verifikator P2HAM Divisi Pelayanan Hukum Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, meninjau sarana dan prasarana pada Pos Pembentukan Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) berbasis HAM bagi masyarakat yang ada di Rutan Masohi, Kamis (23/9).

Lewat rilisnya kepada media ini, Jumat (24/9), Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan Rutan Masohi, Hakim Abdul Gani, menerima langsung kunjungan dari Tim Monev P2HAM dan secara langsung memandu pengecekan pada fasilitas berbasis HAM yang dimiliki Rutan Masohi.

Fasilitas berbasis HAM yang dimiliki Rutan Masohi diantaranya, ruang tunggu kunjungan, jalur dan sarana khusus disabilitas, banner informasi alur kunjungan, tata tertib, alur proses pengusulan intergrasi bagi narapidana, ruang kunjungan, ruang menyusui, ruang bermain anak dan pos Yankomas.

Tidak lupa, Rutan Masohi juga memiliki media sosial dan situs sebagai sarana pengaduan online untuk mempermudah masyarakat.

Baca juga: Dir Tata Negara Apresiasi Kemenkumham Maluku

“Fasilitas yang kami miliki merupakan standar awal yang seharusnya dimiliki untuk memberikan pelayanan publik berbasis HAM. Kami masih akan terus membenahi untuk memberikan pelayanan yang prima,” ujar Gani.

Pembenahan pada Rutan Masohi, kata dia, tanpa terkecuali pada Pos Yankomas, terus dipantau oleh Kepala Rutan Masohi, Bayu Muhammad. Yakni sebagai bentuk keseriusan dalam memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat.

“Kami tidak melupakan untuk memberikan pelayanan berbasis HAM bagi masyarakat. Karena HAM adalah hak dasar yang harus didapatkan oleh warga negara,” ungkap Bayu.

Baca juga: Pembangunan Rehabilitas Jalan Rabat Beton Desa Waenetat

Pengolah Data Diseminasi HAM Kanwil Maluku, Aloyses J. Noya, juga menaruh harapan kepada Rutan Masohi. Agar dapat menerapkan Pos Yankomas dengan maksimal.

“Penerapan Pos Yankomas menjadi tolak ukur keluarga WBP kepada Rutan Masohi, apakah sudah memberikan pelayanan berbasis HAM atau belum. Dengan itu agar dapat diterapkan sesuai dengan SOP,” pesan Aloyses. (UPE)

Comment