by

PA Dataran Hunimoa Tuntaskan 62 Perkara

Ambon, BKA- Sepanjang tahun 2020 kemarin, Pengadilan Agama (PA) Dataran Hunimoa di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) berhasil menyelesaikan 62 perkara. Dari puluhan perkara itu, yang mendominasi adalah perkara perceraian, terutama cerai gugat.

“Jadi pada tahun 2020. Dari 62 perkara tersebut, yang paling dominan adalah perkara perceraian,” sebut Ketua PN Dataran Hunimua SBT, Lutfi Muslih, kepada wartawan, Minggu, (31/01).

Muslih mengaku, dari sekian banyak perkara yang diselesaikan ada pada Kecamatan Bula Barat. Bahkan hingga Januari 2021, masih ada yang datang menyampaikan laporan. “Yang tahun kemarin lebih banyak masyarakat di Bula Barat. Bahkan tahun sebelumnya ada perkara warisan juga,” katanya.

Dari perkara yang diselesaikan, lanjut dia, ada juga terkait dengan perkara isbat nikah atau penetapan nikah. Selain itu, ada juga perkara terkait harta bersama dan pengangkatan anak. Selain itu, tahun ini pihaknya akan melakukan sidang keliling di 15 kecamatan, lingkup Pemerintah Kabupaten SBT.

Bagi dia, program sidang keliling ini akan dijalankan. Mengingat, banyak masyarakat di bumi bertajuk Ita Wotu Nusa ini, belum memiliki buku nikah, sebagai syarat administrasi dalam melakukan pengurusnya.

“Sidang keliling ini telah dianggarakan dalam DPA Dataran Hunimua 2021. Dan kemarin kita rencanakan pada bulan Maret,” seraya menambahkan, program sidang keliling untuk mempermudah dan membantu masyarakat, terutama bagi masyarakat tidak mampu. (SOF)

Comment