by

PA SBT dan LBH Teken MoU

Ambon, BKA- Pengadilan Agama (PA) Dataran Hunimoa, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), menggelar Memorandum of Understanding (MoU) penyelenggaraan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) bersama Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bakti Untuk Negeri, Jumat, (29/01) sore.

MoU yang ditandatangani itu, berlangsung di aula kantor PA setempat itu, dihadiri Ketua Pengadilan Agama Dataran Hunimoa, Kifli Muslih. Wakil Ketua PA Dataran Hunimoa, Sekretaris PA Dataran Hunimoa, Hakim di PA Dataran Hunimoa, dan sejumlah pegawai di kantor PA.

Sementa dari yayasan BLH Bakti Untuk Negeri yang terlibat langsung dalam teken MoU itu diantaranya, Ketua BLH, Malik Raudi Tuasamu, Sekretaris BLH M. Yamin Difinubun, Koordinator BLH Wilayah Bula, Jafar Kilwalaga, Anggota Arifin Tehuayo, dan Yani Tuhateru.

Ketua PN Dataran Hunimoa, Kifli Muslih, dalam sambutannya berharap, kehadiran yayasan LBH bakti untuk negeri dapat menjelankan tugasnya dengan baik. Serta memberikan informasi dan bantuan hukum yang maksimal bagi masyarakat pencari keadilan di Bumi Ita Wotu Nusa.

“Teken MoU ini, semoga dapat kita laksanakan dengan baik bagi masyarakat pencari keadilan di SBT. Terutama masyarakat yang tidak mampu,” ucap Kifli Muslih dalam sambutannya. Lanjutnya, yayasan BLH bakti untuk negeri adalah Posbakum pertama di SBT.

Kifli juga menjelaskan, PA Dataran Hunimoa baru berusia tiga tahun beroperasi di Bumi Ita Wotu Nusa. “Mulai dari 22 Oktober 2018 sampai 2020. Dan 2021 ini masuk tahun ke empat,” kata Kifli. Dirinya menyampaikan, di tahun 2020 pihaknya menangani 62 perkara. “Dan semua perkara itu kami selesaikan di tahun 2020”

Tempat sama, Ketua yayasan BLH Malik, Raudi Tuasamu mengatakan, kepercayaan yang diberikan akan dilakukan dengan baik dan maksimal ke masyarakat pencari keadilan di SBT. “Kami ucapkan terimakasih ke Ketua PA Dataran Hunimoa. Kami akan menjaga amanah ini dengan baik,” katanya.
Menurut Malik, yayasan BLH bakti untuk negeri telah menyiapkan Sumbar Daya Manusia (SDM) bersedia memberikan pelayanan informasi dan pembuatan dokumen hukum ke masyarakat pencari keadilan di SBT.

“Kami ada lima orang, Itu adalah SDM yang kami siapkan untuk melakukan pelayanan baik ke masyarakat. Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk memberi pelayanan ke masyarakat,” ucapnya. (Sof).

Comment