by

Pakai Ganja, Marassabessy Diganjar 1 Tahun Bui

Ambon, BKA- Majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon memvonis Muhamad Marassabessy, terdakwa dalam kasus tindak pidana narkotika jenis ganja dengan pidana penjara selama 1 tahun.

Pemuda yang bermukim di Stain,Kecamatan Sirimau, Kota Ambon ini dinyatakan bersalah melanggar pasal 127 UU nonor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

“Menyatakan terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana narkotika. Menyatakan terdakwa agar dipenjara selama satu tahun di kurangi selama terdakwa berada di tahanan,” ungkap ketua majelis hakim, Feliks R. Wuisan Cs dalam amar putusan yang dibacakan dalam sidang yang berlangsung, Senin (3/5).

Yang meringankan, terdakwa sudah mengakui sumua perbuatan dipersidangan, sedangkan yang memberatkan, perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas narkotika.

Vonis majelis hakim tersebut, jauh lebih ringan daripada tuntutan jaksa penuntut umum E. Leunupun, yang sebelumnya menuntut terdakwa agar dipenjara selama 1,6 tahun penjara.

Berdasarkan dakwaan jaksa penuntut umum, perbuatan terdakwa diketahui sejak tahun 2020 lalu. Awalnya, petugas dari Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease mendapat informasi dari informan, kalau terdakwa sedang mengkonsumsi ganja di kediamannya.

Mendapat informasi tersebut, petugas kemudian mendatangi kos-kosan terdakwa di kawasan Stain untuk menangkap terdakwa.
Saat di kediamannya, petugas kemudian menggerebek terdakwa di kamarnya.
Ditangan terdakwa, petugas menemukan barang bukti satu alat hisap ganja dan barang bukti seberat 0,0029 gram.

Terhadap putusan hakim, kuasa hukum terdakwa Dominggus Huliselan dan jaksa penuntut umum menyatakan menerima.(SAD)

Comment