by

Pakta Integritas Nakes Belum Dimasukkan

AMBON-BKA, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengaku, Tenaga Kesehatan (Nakes) yang akan disuntik vaksin jenis Moderna, akan dilakukan dalam waktu dekat.

Menurut dia, penyuntikan vaksin dosis ketiga itu akan dilaksanakan bagi Nakes yang datanya atau pakta integritas telah dimasukkan lewat pimpinan Fasilitas Kesehatan (Faskes) tempat mereka bertugas.

“Yang sudah memasukan (pakta integritas) itu kita akan langsung melakukan penyuntikan vaksin moderna dalam Minggu ini,” beber Wendy, kepada wartawan di Balaikota, Jumat (13/8).

Wendy menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi itu tergantung pada bukti tanda tangan pakta integritas dari Nakes dan diserahkan ke Dinas Kesehatan Kota Ambon. Tanda tangan pakta integritas itu untuk memastikan, bahwa yang akan disuntik vaksin jenis Moderna adalah Nakes. Sebab vaksin tersebut hanya diprioritaskan bagi Nakes, karena dianggap rentan terpapar Covid-19.

Disinggung jumlah Nakes yang telah terdaftar untuk menerima vaksin Moderna, Wendy mengaku, sejauh ini dari pimpinan Faskes belum memasukan data. Sehingga pihaknya masih menunggu.

“Kami masih menunggu untuk dimasukan pakta integritas dari pimpinan Faskes yang ada di Kota Ambon. Belum ada yang masukin data pakta integritas ke kami. Dan kami masih menunggu,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, sebut Wendy, target untuk vaksin Nakes sebanyak 3000. “Ada sekitar 3.000 Nakes yang nanti akan disuntik vaksin ketiga dengan vaksin jenis Moderna,” ucapnya.

Jumlah ini, terang Wendy, diambil dari data Nakes yang telah mengikuti progam vaksinasi jenis Sinovac dan AstraZeneca. Dan ribuan nakes yang akan menerima vaksin jenis baru itu, harus sudah mengikuti program vaksin jenis Sinovac dan AstraZeneca.

“Nakes itu sesuai dengan total jumlah yang sudah divaksin kemarin dengan menggunakan Vaksin jenis Sinovac dan AstraZeneca. Ini sebagai dasar. Harus dua kali, kalau sudah baru dapat Moderna. Mereka akan disuntik dengan dua tahap, dengan jangan jangka waktu 14 hari untuk penyuntikan kedua. Mereka juga akan dilakukan skiring seperti biasa,” pungkasnya. (IAN)

Baca juga: Pangdam Rahawarin Terima Kasih Buat Media

Comment