by

Pandemi, Permintaan Izin Usaha Meningkat

beritakotaambon.com – Di masa sulit pandemi Covid-19, permintaan izin Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) di Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon meningkat.

Penjabat Desa Poka, Erick van Room mengatakan, dalam sehari, bisa 50 sampai 100 warga yang datang melakukan pengurusan di kantor desa. Sebagian besar, melakukan pengurusan izin usaha.

“Di masa Covid-19 ini, banyak permintaan warga terkait ijin UMKM. Sehari itu kita bisa layani 50 sampai 100 warga yang kita layani. Dan rata-rata itu mereka mengurus ijin usaha,” sebut Erick, saat ditemui di kantor Desa Poka, Rabu (22/9).

Setiap warga yang melakukan pengurusan, sambung dia, diwajibkan membawa surat keterangan dari RT setempat, serta menunjukan kartu vaksin. Jika persyaratan tersebut tidak ada, maka tidak akan dilayani. Terkecuali jika ada surat pengantar dari dokter.

Baca juga: Pemneg Tawiri Minta Warga Terbuka

“Ini sesuai dengan aturan yang berlaku, jadi kita harus tegas. Jika tidak ada surat vaksin dan surat keterangan dari RT, maka kami tidak akan melayani,” tegasnya.

Erick mengaku, masih ada banyak warga di lingkungannya, baik lansia maupun remaja yang belum divaksinasi. Tentunya hal tersebut akan menjadi kendala bagi setiap warga yang melakukan pengurusan di kantor desa.

Sehingga warga Hative Besar yang belum divaksin, diminta untuk segera mengikuti program vaksinasi massal yang digelar Pemerintah Kota Ambon di lokasi-lokasi yang ditentukan. Hal tersebut untuk melindungi diri dari penyebaran Covid-19.

Baca juga:
Pemdes Savana Jaya Serahkan BLT Door To Door

“Ada beberapa lokasi yang akan dilakukan vaksinasi massal. Saya minta agar masyarakat bisa mengikuti vaksinasi tersebut, agar bisa terhindar dari penyebaran Covid-19,” harapnya. (BKA-2)

Comment