by

Pandemi Tidak Kurangi Rasa Nasionalisme Siswa

AMBON-BKA, Pandemi Covid-19 yang berdampak pada pelaksanaan peringatan HUT ke-76 RI, ternyata tidak mengurangi rasa nasionalisame siswa.

Kepala SMA PGRI Ambon, R Mual, mengatakan, rasa nasionalisme bukan saja diukur dari upacara hari kemerdekaan. Namun nasionalsme itu tertatanam lewat berbagai pelajaran di sekolah.

“Rasa nasionalisme bukan hanya diukur dari upacara, tapi dengan adanya beberapa mata pelajaran seperti PPKN, itu siswa selalu ditanamkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air. Sehingga pandemi dan tidak ada upacara kemerdekaan, tidak jadi alasan menurunnya rasa nasionalisme siswa,” terang Mual.

Terkait soal pelaksanaan upacara HUT ke-76 RI 17 Agustus 2021, ungkapnya, hingga saat ini belum ada intruksi atau juknis dari Pemerintah Kota Ambon.

Walau demikian, katanya, berbagai atribut menyongsong HUT kemerdekaan itu telah dipasang sekolah.

“Memang belum ada juknis dari pemerintah kota terkait upacara atau tidak. Tapi dengan kondisi PPKM yang diperpanjang, kemungkinan tidak ada upacara di sekolah. Kami sudah pasang atribut, seperti, bendera, spanduk, dan lain sebagainya. Sudah kami pasang,” jelasnya.

Mual berharap, di HUT ke-76, Indonesia bisa semakin tumbuh dalam ketangguhan, sesuai tema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

“Saya berharap, semua elemen bisa mendukung dan bergandengan, untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik,” tutupnya.(BKA-1)

Baca juga: SMK Primadarma Pakai Kurikulum Kondisi Khusus

Comment