by

Panen Raya Desa Adaut, Fatlolon Bangga, Bisa Dongkrak Pangan KKT

Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Petrus Fatlolon, didampingi Ketua TP PKK KKT, Jois Fatlolon, menghadiri pelaksanaan panen raya padi ladang di Desa Adaut, Kecamatan Selaru, Selasa (6/7).

Hadir juga Wakil Ketua I DPRD KKT Jidon Kelmanutu, Ketua Komisi C Nikson Lartutul dan Anggota Komisi C Samuel Lilimwelat, Asisten II Setda KKT, serta sejumlah pmpinan SKPD dilingkup Pemkab yang bertajuk Duan Lolat tersebut.

Fatlolon dalam sambutannya, mengatakan, panen raya yang dilakukan Desa Adaut tersebut, membuatnya bangga. Karena sangat membantu dan mendukung ketersediaan pangan dalam beberapa bulan kedepan di KKT.

“Desa Adaut memiliki potensi sektor pertanian yang sangat prospek, dan bisa dikembangkan menjadi lumbung pangan di KKT, terutama Kecamatan Selaru, karena hasilnya sangat luar biasa,” ungkap Fatlolon.
Dengan luas areal sawah 85 hektar, dengan hasil yang sangat memuaskan tersebut, kata Fatlolon, akan menjadi potensi pertanian yang sangat luar biasa.

“Puji Tuhan, dari 85 hektar itu, dipanen raya ini kita bisah mengarap 45 hektar. Mengatasnamakan Pemda KKT dan pribadi, saya sangat mengapresiasi kinerja masyarakat Desa Adaut. Semonga semangat ini selalu dipacu, agar kedepan lebih baik lagi,” terangnya.
Fatlolon berharap, Dinas Pertanian dapat terus melakukan pendampingan kepada para petani, sehingga pertanian di KKT dapat lebih baik lagi.

“Sekiranya proses pendampingan yang dilakukan oleh Dinas Pertanian, dapat ditingkatkan. Semoga dengan ditambahkannya para penyuluh pertanian pada pengangkatan PPPK, dapat memberikan kontribusi positif dan pendampingan yang profesional bagi para petani,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian KKT, Jemi Watumlawar, mengungkapkan, panen raya yang dilaukan tersebut dapat dilakukan, setelah melalui masa tanam yang cukup berat, dengan berbagai permasalahan.

“Tapi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para petani tersebut, dapat segera diatasi oleh kehadiran penyuluh, yang langsung melakukan pendampingan bagi petani,” pungkasnya. (BTA)

Comment