by

Pangdam Jadi Upulatu Upacara Hari Pattimura

Peringatan Hari Pattimura digelar Pemerintah Provinsi Maluku di Pattimura Park, Kota Ambon, Sabtu (15/5).

Peringatan Hari Pattimura yang dilakukan dalam bentuk upacara penghormatan dan renungan suci tersebut dipimpin oleh Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin, yang bertindak selaku Upulatu atau Inspektur Upacara. Sedangkan yang bertindak sebagai Kapitan Upacara adalah Pabandya Jemen Srendam, Letkol Inf Rudolf G Paulus.

Upacara penghormatan dan renungan suci yang mengangkat tema “Dengan Semangat Pattimura Kita Ciptakan SDM Unggul, Kreatif, Mandiri dan Berprestasi Dalam Memerangi Penyebaran Covid-19 di Provinsi Maluku”, juga diikuti oleh Forkopimda Provinsi Maluku, Para Pimpinan OPD, Perwakilan ASN, TNI dan POLRI, serta Raja, Lurah dan Para Kepala Desa.

Upacara diawali dengan menyanyikan lagu Mars Pattimura, pembacaan sejarah perjuangan pahlawan nasional Kapitan Pattimura, diakhiri dengan peletakan karangan bunga di depan monumen Pattimura.

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Pangdam XVI/Pattimura, mengatakan, walaupun ditengah masa Pandemi Covid-19 dan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, upacara dan renungan suci tersebut seharusnya tidak mengurangi esensi peringatan hari bersejarah itu.

“Sepatutnya, semangat perjuangan dan kepahlawanan Kapitan Pattimura harus diteladani, disosialisasikan kepada generasi muda sebagai penerus bangsa, demi membangun Maluku. Pegang teguh janji Kapitan Pattimura, bahwa Pattimura tua akan mati, namun akan tumbuh 1000 Pattimura muda yang akan melanjutkan perjuangan,” pungkas gubernur.

Untuk itu, gubernur mengajak seluruh komponen masyarakat untuk memajukan Maluku, dengan tetap berpedoman pada nilai Siwalima, semangat Lawamena Haulala, potong dikuku rasa didaging, Ain ni Ain, satu untuk semua dan semua untuk satu.(Pendam16)

Comment