by

Pangdam Tatap Muka Dengan Forkopimda SBB

Ambon, BKA- Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI. Agus Rohman, melaksanakan kegiatan tatap muka dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Dalam kunjungannya itu, Pangdam didampingi istri selaku Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura, Ny. Ati Agus Rohman bersama rombongan, Jumat (6/11).

Lewat rilisnya, kepada koran ini, Senin (9/11), Pangdam mengatakan, sejak dirinya menjabat sebagai Pangdam XVI Pattimura, Ia memiliki motto yakni Satukan Kekuatan Demi Meraih Sukses.

Motto tersebut dianggap sama dengan Bupati SBB, Moh. Yasin Payapo, yaitu Bersama Kita Kuat. Dimana jika ingin mewujudkan motto tersebut, maka diperlukan sinergitas antara seluruh komponen bangsa di Maluku. Khususnya kabupaten SBB.

“Sistem pertahanan negara, yaitu pertahanan rakyat semesta dengan TNI, sebagai komponen utama dan rakyat sebagai komponen pendukung. Sehingga rakyat sangat memegang peranan penting,” pesannya.

Selama bertugas sebagai TNI, sebut Pangdam, baru kali ini dirinya melaksanakan penugasan atau mengabdi di luar pulau Jawa.

Sehingga dirinya selalu menghimbau, kepada anggotanya untuk tidak tanyakan tentang apa yang negara berikan, tetapi tanyakan kepada diri masing-masing bahwa apa yang kalian berikan kepada negara.

“Kami memberikan prioritas utama kepada putra daerah untuk menjadi perwira , bintara dan tamtama TNI- AD. Tanpa dipungut biaya sepeserpun,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati SBB, M. Yasin Payapo mengapresiasi kunjungan Pangdam beserta istri dan rombongan dalam kegiatan tatap muka tersebut.

“Terima kasih buat pak Pangdam XVI Pattimura beserta rombongan yang sudah hadir di Bumi Saka Mese Nusa Sousalamate. Pak Pangdam dan rombongan selalu sehat walafiat,” ucap Payapo.

Dituturkan, mewakili Pemerintah Kabupaten SBB, Ia memberi rasa hormat pada Pangdam dan ibu serta undangan lainnya yang sudah hadir di Kabupaten SBB. Yang mana merupakan suatu berkat bagi masyarakat SBB dengan mewujudkan situasi dan kondisi yang selalu aman dan damai.

Payapo juga memaparkan kondisi luas wilayah kabupaten SBB memiliki luas 6,948,40 Km. Dengan jumlah penduduk per 31 Desember 2019 mencapai 210.167 jiwa. Yang terdiri dari laki – laki mencapai 107.390 jiwa dan perempuan mencapai 102, 777 jiwa.

Yang mana wilayah administrasi kabupaten SBB terdiri dari 11 Kecamatan dan 92 Desa. Serta 117 Dusun, dengan wilayah dalam keadaan aman dan terkendali.

Payapo juga menambahkan, situasi pandemi Covid–19 di wilayah SBB sejak Maret 2020. Dan berkat kerja keras tim Gugus Tugas dan masyarakat SBB, dapat menekan penyebaran Covid–19.

“Sampai saat ini di Kabupaten SBB termonfirmasi positif sebanyak 50 orang. Sembuh mencapai 36 orang dan meninggal 4 orang. Dalm perawatan 10 orang. Dan pada Juni 2020 telah mengikuti lomba inovasi daerah dan keluar sebagai pemenang dan sebagai peserta terbaik tingkat nasional,” tutup Payapo. (SAD)

Comment