by

Pansus Covid-19 Selesai Masa Tugas

Ambon, BKA- Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 DPRD Kota Ambon yang dibentuk pasca pandemi Covid-19, telah berakhir masa tugas pada Desember tahun ini, sesuai Surat Keputusan (SK) Pimpinan DPRD. Seluruh laporan pertanggung jawaban pansus juga telah diserahkan ke Pimpinan DPRD.

Wakil Ketua Pansus Covid-19 DPRD Kota Ambon, Zeth Pormes menjelaskan, pembentukan Pansus di DPRD sesuai dengan tata tertib (Tatib) untuk kerja-kerja khusus. Baik itu mengenai perda maupun berbagai persoalan lainnya yang dianggap penting untuk dibahas sesuai fungsi pengawasan, budgeting maupun legislasi.

Dan akibat pandemi Covid-19, maka DPRD perlu membentuk Pansus untuk mengawasi penggunaan anggaran terkait penanganan Covid-19 serta memperjuangkan aspirasi masyarakat di tengah pandemi Covid. Maka dibentuklah Pansus Covid-19, yang terdiri dari pimpinan fraksi dan pimpinan DPRD.

“Pansus Covid ini SK dari pimpinan DPRD. Didalam pansus terdiri dari utusan-utusan fraksi yang ada. Dan jangka waktu kerja sampai bulan Desember 2020. Jadi bukan dibubarkan, tapi memang waktu SK Pansus Covid-19 telah berakhir di bulan ini. Sehingga ketika mau diperpanjang, maka di bentuk pansus baru melalui kebijakan pimpinan DPRD,” terang Pormes, kepada wartawan di gedung DPRD Belakang Soya, Kamis (10/12).

Politisi Golkar ini mengaku, pansus telah melaksanakan tugas pengawasan dengan baik terkait dengan penanganan Covid-19 oleh Pemerintah Kota Ambon lewat Gugus Tugas Covid-19. Dan pansus juga secara praktis melakukan langkah-langkah penanganan penduduk terdampak covid di Kota Ambon.

“Dan untuk penggunaan anggaran yang dipakai dari APBD yang direfocusing, beserta seluruh laporan pertanggung jawaban, telah dimasukan Gustu Covid-19 ke Pansus Covid-19 DPRD Ambon,” beber Pormes.

Disinggung soal kerja-kerja Pansus Covid-19 yang kurang maksimal serta pengawasan yang lemah tanpa kajian dan sebagainya, justru dibantah Pormes. Menurutnya, kerja Pansus Covid bersama Gustu Covid-19 Kota Ambon cukup maksimal. Karena turut membantu Kota Ambon keluar dari zona merah ke zona orange.

“Saya kira kerja pansus bersama Gustu sudah sangat maksimal. Pemerintah kota setiap saat melakukan swiping secara besar-besaran terhadap protokol kesehatan yang tidak pakai masker diberikan sanksi. Itu wujud dari kerja pemerintah dan kami pansus mengawasi kerja tersebut. Nanti di tahun 2021, kita kebijakan pimpinan. Karena bisa saja pembentukan pansus baru atau tidak,” tutup Pormes. (UPE)

Comment