by

Paripurna HUT sebagai Refleksi Keberpihakan Pemerintah pada Masyarakat

beritakotaambon.com – 4 Oktober 2021 diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-22 Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT)

Memperingati HUT tersebut, DPRD KKT menggelar sidang paripurna istimewa yang digelar di Gedung Kesenian, Saumlaki.

Kendati paripurna istimewa itu hanya dihadiri 9 anggota dan 2 pimpinan DPRD, namun sidang tersebut berjalan hikmat dengan kehadiran Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, Sekda KKT Ruben Moriolkossu, Forkopimda, SKPD, Asisten, sekwan, staf ahli, camat, tokoh masyarakat, tokoh agama, ormas/pemuda, organisasi wanita, media dan segenap tamu undangan.

Walau sederhana, namun pelaksanaan paripurna itu menunjukan kesan kecintaan terhadap akar budaya lokal. Sebab seluruh yang hadir mengenakan pakaian adat Tanimbar.

Ketua DPRD KKT, Jaflaun Batlayeri, yang memimpin paripurna tersebut mengungkapkan, momen HUT itu merupakan bentuk refleksi keberpihakan DPRD dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Tanimbar terhadap kepentingan masyarakat.

Untuk itu, dia mengingatkan Bupati Petrus Fatlolon dan jajarannya tentang pentingnya melakukan reformasi birokrasi.

“Kita semua tahu, kalau tujuan dari reformasi birokrasi adalah terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dengan aparatur berintegritas tinggi, produktif dan melayani secara prima, dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Petrus Fatlolon, dalam pidatonya, mengungkapkan, peringatan HUT Ke-22 KKT dengan tema “Tanimbar Tangguh, Tanimbar Tumbuh”, menjadi harapan bersama ditengah berbagai ujian saat ini.

“Rentang sejarah selama 22 tahun ini, telah banyak karya membangun daerah kearah yang lebih baik, guna mencapai kesejateraan rakyat Tanimbar. Tugas kita, untuk lanjutkan estafet pembangunan itu,” ucapnya.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Petrus Fatlolon, mengungkapkan, capaian pembangunan dari tahun 2016 – 2020.

Untuk bidang pendidikan, telah mencapai 85 persen untuk harapan sekolah, bila dibandingkan sebelumnya hanya 60 persen.

Bidang kesehatan juga mengalami penurunan angka untuk kematian ibu dan bayi. Bidang pekerjaan umum, untuk jalan yang dulunya baru terkoneksi 37 persen, sekarang sudah 56 persen. Untuk rumah layak huni nol persen, namun tahun 2020 naik 54 persen.

Baca juga: Tanimbar Tangguh, Tanimbar Tumbuh Jadi Tema HUT KKT

“Ketahanan pangan di tahun 2016 itu rendah, hanya 15 persen. Namun tahun 2020, telah mencapai 35 persen. Komsumsi energi kita dulu hanya 1.826 persen, sekarang naik 2.011 persen. Begitu juga cakupan pelayanan Adminduk oleh Dukcapil, dari 36 persen, naik ke 68 persen,” beber Fatlolon.

Selain itu, Fatlolon juga menyampaikan permohonan maaf, karena tak bisa dipungkiri kalau pada masa kepemimpinannua saat ini, masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki kedepan, terutama dalam masa pandemi ini. Pasalnya RPJMD belum bisa terlaksana secara baik, sehingga berpengaruh pada capaian kinerja Pemkab.

“Ini merupakan tahun terakhir kami pasangan bupati dan wakil bupati periode 2017 – 2022. Kami atas nama Pemda, patut sampaikan terima kasih kepada para pendiri kabupaten ini atas jasa dan pengabdian terbaik untuk Tanimbar. Selamat ulang tahun negeriku, Bumi Duan Lolat tercinta,” kunci Bupati Fatlolon. (BTA)

Baca juga:
Panitia Mulai Persiapkan Puncak HUT ke-22 Kabupaten Buru

Comment