by

Partisipasi Warga Cegah Covid-19 Makin Tinggi

Ambon, BKA- Partisipasi warga dianggap sudah mulai tinggi, lantaran kontribusi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Ambon turut membantu tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 untuk memutus mata rantai penyeberan Covid-19.

Sudah seminggu lebih, ratusan mahasiswa tersebut, telah melakukan penjagaan di berbagai posko PSBB yang dibangun di beberapa titik perbatasan antara Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, dengan bantuan dari para mahasiswa, sudah menunjukkan tingkat kesadaran masyarakat mulai sadar tentang protokol kesehatan.

“Dukungan dan partisipasi masyarakat semakin luar biasa. Saya kasih contoh misalnya di pasar kemarin. Kita operasi, juga mahasiswa IAIN turun membantu. Di Poka mahasiswa Unpati turun membantu,” terang Richard, saat memimpin apel pagi bersama Tim Satgas Covid-19 di Balai Kota, Selasa (1/12).

Politisi Golkar ini menilai, kesadaran masyarakat sudah mulai meningkat. Sehingga diharapkan, agar Kota Ambon yang masih berada pada zona orange penyebaran Covid-19, secepatnya keluar dari pandemi Covid-19. “Jadi tingkat kesadaran itu cukup bagus,” ujarnya.

Dia menyebutkan, bagaimana jika kedepan anak-anak sekolah diberikan kesempatan untuk melakukan operasi penegakkan di masyarakat tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

“Saya sedang berpikir ini, saya suru anak-anak sekolah turun operasi. Yah paling tidak didepan mereka punya sekolah itu, taruh mereka barang (sekitar) 30 atau 40 orang begitu,” imbuhnya.

Menurut dia, jika dengan anak-anak sekolah, mereka akan didampingi oleh Tim Satgas Covid-19. Kemungkinan, masyarakat dapat tereduksi dari anak-anak untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan, ketika beraktivitas kembali diluar rumah.

“Anak-anak sekolah saja, supaya kita mengedukasi masyarakat lagi. Dan mereka diawasi oleh Satgas. Paling tidak, anak-anak sekolah pakai seragam dan mengingat masyarakat untuk pakai masker. Kita mengedukasi saja masyarakat untuk itu,” tutupnya. (BKA-1)

Comment