by

PAS Disesuaikan Dengan Panduan K13

Ambon, BKA- Kepala SD Negeri 3 Ambon, A. Ahumahu, mengatakan, meskipun proses pembelajaran masih dilakukan secara jarak jauh, namun Penilaian Akhir Semester (PAS) tetap dilakukan sesuai panduan Kurikulum 13 (13).

Sehingga penilaian yang dilakukan terhadap siswa, katanya, mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sebab berdasarkan panduan K13, PAS dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik diakhir semester.


“Artinya, sekalipun proses belajar selama 1 semester ini sdilakukan ecara Daring dan Luring, tapi proses penilaian harus tetap mendasar pada panduan K13. Sehingga saya selalu ingatkan guru-guru untuk bukan saja memberikan pelajaran, tapi dalam proses itu, harus menilai sikap, dan juga ketrampilan siswa. Supaya saat kita memberikan nilai, bisa mengisi item-item penilaian itu. Kan tidak mungkin kita mengisi tanpa mengevaluasi proses belajar siswa selama 1 semester ini,” ujar Haumahu, Senin (14/12).

Dia mengaku, dalam mengevaluasi hasil belajar siswa melalui pembelajaran jarak jauh, memang berbeda dengan proses belajar normal. “Kalau belajar normal, guru dalam memberikan materi pembelajaran berhadapan langsung dengan siswa. Sehingga dalam penilaian, benar-benar sesuai dengan apa yang diamati oleh guru di sekolah. Tapi di tengah pandemi ini, justru proses belajar secara Daring dan Luring, sehingga proses penilaian pun harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi,” terangnya.

Walau begitu, lanjutnya, yang terpenting penilaian yang diberikan guru terhadap siswa hasil evaluasi selama mengikuti proses pembelajaran. “Itu yang nanti menjadi acuan kita. Bahwa memang penilaian kita pun harus berdasarkan pembelajaran Daring dan Luring, bukan tatap muka. Sebab apapun sistem penilaiannya, laporan pendidikan siswa harus tetap terisi sesuai dengan item-item yang ada, sebagai bukti hasil belajar siswa untuk kedepannya menjadi tolak ukur ketika dia masuk sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Sehingga dalam penilaian, harus benar-benar sesuai dengan perkembangan belajar siswa, baik dari segi sikap, pengetahuan dan ketrampilan,” pungkas Haumahu. (LAM)

Comment