by

Pasar Apung Dibongkar Hari ini

Ambon, BKA- Direncanakan, hari ini, Sabtu (24/10), Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melakukan pembongkaran terhadap pasar apung satu, dua dan tiga.

Pembongkaran pasar apung itu dilakukan sebagai upaya mempercepatan proses revitalisasi Pasar Mardika.

Untuk melakukan pembongkaran tersebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon akan mengerahkan satu unit alat berat, yang akan disediakan oleh Dinas PUPR Kota Ambon.

Sebelumnya, ratusan lapak di kawasan Pasar Mardika telah dibongkar. Sedangkan sejumlah pedagang yang terkena dampak pembongkaran itu, telah direlokasikan sementara di sejumlah pasar yang milik Pemkot Ambon.

Kepala Dinas Disperindag Kota Ambon, Pieter Leuwol, mengatakan, pembongkaran Pasar Apung tersebut tidak bisa memakai tenaga manusia, mengingat harus selesai secepatnya agar proses revitalisasi bisa segera dilaksanakan.

Dia mengaku, sebelum pembongkaran Pasar Apung dilakukan, pihaknya sudah melakukan himbauan kepada para pedagang untuk membereskan seluruh dagangan mereka.

Terkait ada sejumlah pedagang yang tidak ingin direlokasi, katanya, hal itu sudah biasa. Tapi Pemkot Ambon akan tetap melakukan pembongkaran, untuk kepentingan bersama.

Sehingga, lanjutnya, pedagang harus dapat menerima hal tersebut dan mau untuk direlokasi, karena semua sarana sudah disiapkan Pemkot Ambon.

“Kita kan tidak mungkin pakai cara kekerasan kepada pedagang. Untuk itu, kita akan selalu berusaha agar pedagang direlokasi dengan persuasif,” ujar dia, Jumat (23/10).

Dia berharap, para pedagang bisa mengerti upaya Pemkot. Karena yang dilakukan ini untuk kebaikan bersama.(BKA-1)

Comment