by

Pasar Digusur, Pedagang Tempati Badan Jalan

Ambon, BKA- Pasca Pasar Apung digusur habis oleh Pemerintah Kota Ambon pada pekan lalu guna persiapan revitalisasi pasar Mardika, ratusan pedagang justru memilih menempati badan jalan Pantai Mardika untuk berjualan.

Para pedagang tersebut belum mau untuk direlokasi ke beberapa pasar yang telah disiapkan oleh Pemerintah Kota Ambon, sembari menunggu revitalisasi Pasar Mardika selesai untuk ditempati kembali.

Sebelumnya, ratusan lapak pedagang di area pasar Mardika telah di bongkar terlebih dahulu, lantaran terkenda dampak dari revitalisasi pasar Mardika. Setelah itu, Pemerintah Kota kembali menggusur Pasar Apung 1,2 dan 3 karena dinilai juga terkena dampak revitalisasi.

Namun setelah dibongkar, para pedagang justru menolak untuk direvitalisasi ke pasar Transit Passo dan lainnya. Karena merasa tidak strategis dan belum selesai dikerjakan oleh Pemerintah Kota. Akibatnya, jalan pantai Mardika ditempati untuk berjualan.


Kepala Satuan Pol-PP Kota Ambon, Josias Lopies mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengawalan dari awal pembongkaran lapak pedagang. Tetapi yang menjadi problem yaitu, pedagang tidak mau direlokasi.

Bahkan diakuinya, meski pihaknya selalu melakukan penertiban dengan cara persuasif kepada seluruh pedagang yang terkena dampak revitalisasi, justru tidak mendapatkan hasil yang diharapkan.

“Masih belum relokasi itu (pedagang). Kami akan tetap menjalankan tugas sebagai penjaga ketertiban di pasar itu. Tapi kita belum tahu, langkah kedepan lagi untuk relokasi pedagang ini,” beber Josias, saat dihubungi koran ini, Minggu (1/11).
Dia menjelaskan, langkah-langkah untuk dapat merelokasikan pedagang, ada pada kebijakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon. Dimana personilnya siap melakukan pengawalan serta pengawasan semaksimal mungkin.

“Kami (Pol-PP) dengan tim gabungan sudah melakukan pengawalan semaksimal mungkin. Nanti koordinasi lagi dengan Indag bagaimana, dan keputusan Pak Walikota bagaimana caranya untuk ambil langkah selanjutnya,” sebutnya.

Ia berharap, masyarakat terkhususnya pedagang, dapat mengerti upaya Pemkot untuk revitalisasi pasar Mardika menjadi lebih modern. Karena apa yang dilakukan, bukan semata-mata untuk kepentingan pemerintah, melainkan untuk kebaikan bersama.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kota Ambon, Pieter Leuwol, belum mau merespon saat dihubungi koran ini hingga naik cetak. (BKA-1)

Comment