by

Pattiasina Calon Tunggal Ketua DPD Demokrat

beritakotaambon.com – Kantongi rekomendasi dari 11 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan satu organisasi sayap di Maluku, Elwen Roy Pattiasina dipastikan calon tunggal Ketua DPD Demokrat Maluku, dalam pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) ke-5 DPD Demokrat, yang direncanakan Kamis (26/8) pekan ini.

“Dari 11 DPC, plus satu organisasi sayap Demokrat, semuanya sudah memberikan dukungan berupa rekomendasi kepada Pak Elwen Roy Pattiasina, calon Ketua DPD Demokrat Maluku Periode 2021-2026. Sehingga hampir pasti Musda nanti beliau calon tunggal,” tegas, Sekretaris DPD Demokrat Maluku, Latif Lahane, kepada wartawan di kantor DPD Demokrat Maluku, Senin (23/8).

Sesuai Peraturan Organisasi (PO) tentang mekanisme Musda, lanjut Latif, setiap bakal calon ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) harus mengantongi 20 persen dari pemilik suara, atau memiliki dukungan dari tiga DPC. Dan saat ini, seluruh DPC yang ada di 11 kabupaten/kota, telah memberikan dukungan kepada Pattiasina.

Menurutnya, dukungan yang diberikan itu berdasarkan penilaian masing-masing DPC yang menilai Elwen Roy Pattiasina masih layak memimpin Demokrat Maluku untuk lima tahun berikut. Sehingga dukungan yang diberikan peluangnya sangat kecil untuk ditarik kembali.

Baca juga: Dua RS Lapangan Pasien Covid-19 Ditutup

“DPC punya penilaian sendiri dan mungkin saja dilihat ketua saat ini masih layak, untuk pimpin partai lima tahun mendatang. Sehingga mereka sangat antusias memberikan dukungan itu,” beber Latif.

Disinggung apakah Demokrat Maluku miskin kader atau tidak ada calon ketua lain selain Pattiasina, Latif membantah hal itu. Dikatakan, DPD Demokrat Maluku bahkan memiliki banyak kader untuk menduduki posisi Ketua DPD. Hanya saja, PAttiasina yang dinilai masih layak sesuai rekomendasi dukungan dari seluruh DPC yang ada.

“Tidak, kader kita banyak. Semua tergantung dari dukungan yang diberikan masing-masing DPC,” sebutnya.

Ia menambahkan, dalam Musda nanti, melalui Komisi kerja akan membahas beberapa agenda penting, baik bersifat nasional maupun lokal menuju Pemilu 2024. Dan untuk agenda nasional, akan membahas 10 program prioritas Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang sesuai komitmen kader Demokrat di seluruh daerah, untuk menyiapkan AHY sebagai calon presiden. “Selain itu juga membicarakan mengenai kesiapan menuju Pileg dan Pilkada di Maluku tahun 2024,” beber Latif.

Sementara itu, Ketua Panitia Musda, Asri Arman menambahkan, Musda DPD Demokrat Maluku ke 5, dilakukan berbeda dari sebelumnya lantaran kondisi pandemi Covid-19. Dimana kegiatan seremonial akan ditiadakan dan peserta dibatasi.

Baca juga: Ramly Janji Tuntaskan Pembangunan Graha HMI

Bahkan tidak mengundang tamu undangan dari pihak ekseternal. Sementara untuk 11 DPC dan 1 organisasi sayap, yang dilibatkan hanya unsur pimpinan. Selain itu tidak diperkenakan hadir, tetapi diizinkan mengikuti Musda secara virtual.

“Protokol kesehatan tetap kita kedepankan dengan membatasi peserta yang hadir. Upacara pembukaan dihadiri semua Fraksi Demokrat dari kabupaten/kota dan provinsi. Dan untuk DPP, pembukaannya melalui zoom,” tutup Asri. (UPE)

Comment