by

PAW, Indra Tanaya Segera Dilantik

beritakotaambon.com – Setelah beberapa bulan berproses, Indra Tanaya akan segera dilantik sebagai anggota DPRD Kota Ambon, sisa periode 2019-2024 menggantikan almarhum Christian Latumahina. Proses Pergantian Antar Waktu (PAW) ini telah mendapat SK Gubernur dan sementara ditindaklanjuti DPRD untuk dilantik.

“Alhamdulillah, apa yang kami inginkan dari DPD Nasdem terkait rencana PAW dari almarhum saudara Christian Latumahina ke Indra Tanaya, sudah 99 persen. Kita lagi menunggu beberapa haru untuk proses pelantikan. Sampai hari ini (kemarin) kita sudah menerima SK Gubernur Maluku, terkait PAW untuk di DPRD tindaklanjut,” ungkap Ketua DPD Nasdem Kota Ambon, Mourist Tamaela, kepada wartawan, di gedung DPRD Belakang Soya, Senin (30/8)

Sekretaris Fraksi Demokrat DPRD Ambon ini mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pimpinan Badan Musyawarah (Bamus) DPRD agar dalam minggu ini diagendakan pembahasan terkait kekosongan 1 kursi dari Partai Nasdem yang hampir mencapai 8 bulan, pasca meninggalnya Christian Latumahina pada 9 Januari 2021 lalu.

Baca juga: Dinsos Kesulitan Vaksin ODGJ

“Kita ikuti saja. Dan kami harap, kekosongan ini bisa segera terisi untuk memaksimalkan tugas-tugas kedewanan dan partai kami sendiri. Dan informasinya itu, setelah penyerahan APBD Perubahan mungkin satu dua hari (pelantikan). Kita harap tergantung pimpinan sikapi untik tentukan agenda,” terang Wakil Ketua Komisi I ini.

Dikatakan, setelah dikeluarkannya SK gubernur dan dikembalikan ke DPRD, maka secepatnya akan dilakukan koordinasi dengan Ketua Pengadilan Negeri Ambon.

“Sudah (SK gubernur) di DPRD, tinggal berkoordinasi dengan Ketua Pengadilan Negeri Ambon untuk penyerahan legiltimasi kepada ketua DPRD. Misalnya untuk pelantikan oleh ketua DPRD. Mungkin ada pelimpahan kewenangan terhadap proses pelantikan oleh ketua DPRD. Dan kami ucapkan terima kasih terhadap seluruh pihak untuk follow ini dengan cepat,” sebutnya.

Baca juga:
Hunian WBP Lapas Ambon Digeledah

Sekedar tahu, mantan anggota legislatif (Aleg) dari Fraksi Nasdem Kota Ambon, Christian Latumahina meninggal dunia, pada 9 Januari 2021. Sehingga sesuai aturan, Tan Indra Tanaya selaku pemenang suara terbanyak kedua dari daerah pemilihan (Dapil) Sirimau I, pada Pemilihan Legisalstif (Pileg) 2019 lalu, berhak menggantikan Christian Latumahina, melanjutkan sisa periode 2019-2024. (UPE)

Comment