by

PDIP Harus Menang Pilkada

Ambon, BKA- Tidak ada pilihan lain bagi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Maluku, selain menjaga kesolidan semua mesin partai untuk bergerak memenangkan Pilkada.

Pada pilkada serentak yang dijadwalkan 9 Desember 2020 mendatang, ada empat kabupaten di Provinsi Maluku yang akan menggelar Pilkada. Yakni, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya (MBD), Seram Bagian Timur (SBT) dan Buru Selatan (Bursel).

Bendahara Umum DPD PDIP Maluku, Lucky Wattimury, mengungkapkan, pada prinsipnya berbagai persiapan untuk memenangkan Pilkada serentak di empat kabupaten itu, sudah dilakukan oleh partai berlambang banteng moncong putih itu sejak 2019 lalu.

Berbagai persiapan itu, lanjutnya, kemudian diwujudkan dengan pemberian rekomendasi kepada bakal calon kepala daerah. “Dalam persiapan partai dalam hal ini PDI-P, secara prinsip sudah sejak tahun 2019. Kami sudah mempersiapkan itu yang ditandai dengan dikeluarkan rekomendasi, untuk pasangan calon (Paslon) untuk Pilkada SBT dan MBD. Sedangkan dua lainnya, yakni, Bursel dan Aru, yang saya tahu sudah berproses. Tinggal menunggu hasil penetapan DPP PDIP,” katanya, Selasa(9/6).

Sesuai dengan keinginan Ketua DPD PDIP Maluku, Murad Ismail, lanjutnya, PDIP ingin memenangkan Pilkada di empat kabupaten itu.

Keinginan itu sangat tepat. Karena kata Wattimury, bagaimana pun juga dalam kepentingan politik kedepan, PDI-P harus bisa memenangkan kekuasan politik di Maluku, agar dapat pemerintahan dan berbagai kebijakan.

Untuk dapat mengendalikan pemerintah dan kebijakannya, maka sudah tentu PDIP harus menguasai seluruh kepala daerah di setiap kabupaten dan kota.

Dengan demikian, kata Wattimury, untuk memenangkan proses Pilkada di empat kabupaten itu, seluruh struktural atau mesin partai harus mulai bekerja keras menuju Pilkada.

“Untuk DPD PDIP Maluku, kami telah membentuk tim pandamping bagi DPC penyelenggara Pilkada Maluku. Tim ini sudah berproses melakukan pendampingan. Sehingga diharapkan pada waktunya nanti, tim ini akan diefektifkan pada setiap kabupaten,” terangnya.

Selain adanya upaya dari PDIP sendiri, Ketua DPRD Maluku ini juga mengatakan, kalau pihakya telah mengkingatkan semua bakal pasangan calon yang sudah mendapat rekomendasi PDIP atau belum menerima, agar bisa mengoptimalkan kerja mesin partai dan harus terorganisir dengan baik.

“Ini sekali lagi, bagi PDIP, bahwa Ketua DPD PDIP, Murad Ismail, telah menyampaikan tekad dan sikap kalau memenangkan Pilkada di empat kabupaten sudah menjadi pilihan yang dilakukan secara bersama. Sehingga beliau juga sampaikan kepada seluruh pengurus DPD partai dan jajaran DPC, agar bekerja dengan ekstra dan tanggungjawab, sehingga kemenangan yang sudah dicanangkan dapat kita berjuang sama-sama,” pungkasnya.(RHM)

Comment