by

Pegawai Dukcapil Diduga Bantu Calo

Ambon, BKA- Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon, Marcella Haurissa berhasil menggagalkan beberapa oknum yang diduga sebagai calo untuk pengurusan administrasi kependudukan. Dirinya juga menduga, oknum pegawainya menerima pungli dari para calo tersebut.

Para calo tersebut tertangkap tangan di kantor Disdukcapil Belakang Soya, Kamis (26/11), saat hendak melakukan pengurusan akta kelahiran dan lainnya. Adapun videonya yang sempat diviralkan di media sosial.

Aksi para calo itu diakui telah tercium sejak lama. Dalam aksi yang tertangkap kemarin, diduga ada biaya yang dipungut dari para calo itu senilai Rp 200.000. Parahnya, aksi itu tertangkap karema CCTV yang terpasang di kantor Disdukcapil.

Setelah dinasehati dan ditegur, Marcella memberikan maaf kepada Calo tersebut. Dengan satu permintaan tegas, untuk tidak lagi menampakkan wajah didepan kantor Disdukcapil untuk melakukan transaksi. Karena jika kedapatan lagi, Ia tidak segan-segan untuk melaporkan mereka para calo tersebut kepada pihak yang berwajib.

Saat dikonfirmasi koran ini, Jumat (27/11), Marcella mengaku, aksi yang dilakukan tiga calo itu, diduga dibantu dari pihak Disdukcapil Kota Ambon. Untuk itu, apabila kedapatan pihaknya sengaja melayani para calo untuk menjalankan aksi dimaksud, maka tidak segan-segan akan dilaporkan kepada Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

“Pasti ada oknum didalam dan saya akan cari tahu. Warning bukan ini lagi, tapi sangat tegas ini untuk semua pegawai. Baik itu pegawai kontrak atau PNS, kedapatan saya akan langsung ke pak Wali untuk mengambil tindakan tegas,” tegasnya.

Menurut dia, pelayanan Disdukcapil sendiri tidak memungut sedikit biaya. Sehingga dia sangat menyayangkan jika ada pihaknya sengaja melecehkan nama baik instansi tersebut.

“Kalau memang harus diambil tindakan keras, diambil langkah tegas. Karena ini pencemaran nama instansi dan juga menyusahkan masyarakat. Kita pelayanan gratis kok, itu ngapain bayar 200.000,” bebernya.

Dan sejak Jumat kemarin, dia akan terus melakukan swiping di Disdukcapil, guna menghindari problem tersebut terulang kembali. “Nah untuk kedepannya, saya kira mulai dari hari ini (kemarin) saya akan tetap swiping untuk lihat itu. Artinya, kalau ada siapa tiap hari muncul disini saya sangat curiga dia itu sebagai calo,” pesannya. (BKA-1)

Comment