by

Pejabat Baru Diminta Tunjukan Kualitas

Ambon, BKA- Dalam sebuah organisasi, promosi maupun mutasi merupakan sebuah dinamika dalam bentuk penyegaran serta pembinaan karir yang berdampak positif bagi peningkatan kinerja masing-masing aparatur negara melalui peralihan tugas.

Hal ini ditekankan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku, Andi Nurka saat melantik dan mengambil sumpah pejabat administrator dan pejabat pengawas pada jajarannya, Kamis (6/8)

Dalam kesempatan tersebut, Andi juga meminta kepada pejabat yang baru dilantik untuk dapat menunjukan kualitas.

“Segera tunjukan kualitas kemampuan diri, dedikasi dan loyalitas dalam bekerja. Secepatnya beradaptasi dengan jabatan dan tugas yang baru,” pintanya.

Menurut dia, pelantikan tersebut hendaklah dimaknai dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu.

“Pengembangan karir pegawai tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan. Melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam upaya meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Dikatakan, parameter utama yang digunakan dalam menentukan jabatan setiap pegawai dilakukan melalui pertimbangan kapasitas, kompetensi, integritas, moralitas, pendidikan dan pelatihan. Serta nilai pengabdian dan komitmen terhadap tugas maupun tanggung jawab kepada negara.

“Jabatan yang diemban sekarang ini harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab. Saya harap, saudara-saudara mampu untuk memikul tanggung jawab tersebut. Untuk itu, harus sedini mungkin melakukan berbagai perubahan. Baik itu perubahan budaya kerja, pola pikir dan perilaku serta senantiasa menjalin hubungan dan sinergitas antar sesame. Sehingga akan tercipta suasana yang tenang dan santun,” harap dia. (LAM)

Comment