by

Pejabat Jangan Alergi Kritikan Media

Ambon, BKA- DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menyambut baik launching Kantor Biro Harian BeritaKota Ambon di kabupaten itu. Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Kabupaten SBT, Noaf Rumauw, Rabu (7/4).


Kehadiran Kantor Biro Harian BeritaKota Ambon di kota Bula, harapnya, dapat lebih meningkatkan peran media tersebut dalam menjalankan fungsi-gungsi pers. Terutama dari segi penyebaran informasi, guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Menurutnya, media dalam menjalankan fungsinya, jangan hanya memberitakan yang sifatnya seremonial. Namun juga dapat menjalankan fungsi kontrol terhadap pelaksanaan pembangunan.

Untuk itu, selaku pejabat publik, baik yang ada dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab), DPRD, maupun unsur penting lainnya, jangan sampai alergi bila mendapat dikritikan oleh masyarakat melalui media.

Kritikan publik sangat penting. Karena, terang Noaf, keberhasilan pembangunan suatu daerah ditentukan dari seberapa besar peran dan partisipasi publik dalam setiap program pembangunan.

“Maka itu, Pemda dan DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan, wajib membuka diri untuk menanggapi respon publik atas setiap kebijakan yang diputuskan,” ujarnya.

Kritik publik, sebut Noaf, harus dipahami sebagai buah reaksi atas setiap kebijakan yang dibuat. Sehingga pejabat publik harus berani mengintrospeksi diri.

Mungkin, lanjutnya, kritikan itu akibat kebijakan yang diambil belum terlalu memberi keuntungan serius bagi kepentingan masyarakat, sehingga harus menuai banyak kritikan.

“Posisi kita sebagai pejabat publik, sama persis seperti ikan-ikan yang terisi di dalam aquarium. Kita tidak bisa menghindarkan diri dari pengawasan publik,” katanya.

Akhirnya, Noaf menyampaikan apresiasinya terhadap keseriusan Harian BeritaKota Ambon untuk mendukung program pembangunan di Kabupaten SBT, yang dibuktikan dengan lauching yang dilakukan kemarin. “Saya menyambut baik kehadiran Beritakota Ambon di SBT, karena sudah banyak memberikan informasi terkait pembangunan di daerah ini,” pungkasnya.(SOF)

Comment